Beranda INTERNASIONAL Joe Biden Pulihkan Bantuan AS Untuk Palestina

Joe Biden Pulihkan Bantuan AS Untuk Palestina

joe biden palestina
Pemerintahan Joe Biden mengumumkan bahwa AS akan memulihkan bantuan kepada Palestina sebagai bagian dari program PBB dan membuka kembali misi diplomatiknya, membalikkan kebijakan luar negeri utama pemerintahan Trump.

Penjabat duta besar AS untuk PBB, Richard Mills, mengatakan bahwa pemerintahan Biden akan memulihkan keterlibatan AS yang kredibel dengan Palestina dan juga Israel, termasuk “memperbarui hubungan AS dengan kepemimpinan Palestina dan rakyat Palestina, hubungan yang telah berhenti berkembang selama empat tahun terakhir.”

Pernyataannya yang menguraikan pendekatan AS terhadap konflik Israel-Palestina datang dalam waktu 10 hari setelah Joe Biden mengambil alih pemerintahan. Posisi tersebut berbeda dengan kebijakan Donald Trump terhadap kawasan tersebut, yang selama ini dianggap berpihak pada pemerintah Israel.

joe biden palestina

Mills mencatat bahwa Presiden Biden telah jelas dalam niatnya untuk memulihkan program bantuan AS yang mendukung pembangunan ekonomi dan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina dan untuk mengambil langkah-langkah untuk membuka kembali misi diplomatik yang ditutup oleh pemerintahan AS sebelumnya.

Dia menekankan, dalam pidatonya di debat terbuka Dewan Keamanan PBB tentang situasi di Timur Tengah, bahwa langkah-langkah ini bukanlah “bantuan untuk penguasa Palestina”.

“Bantuan AS bermanfaat bagi jutaan warga Palestina biasa dan membantu melestarikan lingkungan stabil yang menguntungkan Palestina dan Israel,” kata Mills.

joe biden palestina

Dia mengatakan AS akan mempertahankan “dukungannya yang teguh untuk Israel” dan bahwa mereka akan mendukung “solusi dua negara yang disepakati bersama, di mana Israel hidup dalam perdamaian dan keamanan di samping negara Palestina yang layak.”

“Visi ini, meskipun berada di bawah tekanan serius, tetap menjadi cara terbaik untuk memastikan masa depan Israel sebagai negara demokratis dan Yahudi sambil menjunjung tinggi aspirasi sah rakyat Palestina untuk sebuah negara mereka sendiri dan untuk hidup dengan bermartabat dan aman,” kata Mills.

Dia juga mendesak Israel dan otoritas Palestina untuk “menghindari langkah sepihak yang membuat solusi dua negara lebih sulit, seperti pencaplokan wilayah, aktivitas pemukiman, pembongkaran, hasutan untuk melakukan kekerasan, dan memberikan kompensasi bagi individu yang dipenjara karena tindakan terorisme”.

joe biden kamala harris