Iklan
Iklan

Adakah Peluang Sandiaga Uno Dilengserkan Gerindra Sebagai Menparegraf?

- Advertisement -
Adakah peluang Partai Gerindra menarik kursi Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)?.

Terkait posisi Sandiaga Uno yang kini menjabat sebagai Menparekraf ikut komentari oleh pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga.

“Posisinya sebagai menteri berpeluang ditarik oleh Gerindra bila pindah ke PPP. Padahal prestasinya cukup baik selama menjadi menteri,” ujar Jamiluddin Ritonga, Rabu (26/4).

Jamiluddin menilai kepindahan Sandiaga Uno ke PPP karena faktor ketidaknyamanan di Gerindra. Sandiaga disebut mencari rumah politik yang teduh dan membuatnya betah.

“Kepindahan ke PPP bisa jadi hanya untuk mencari rumah yang teduh dan nyaman baginya. Sandi ingin ada di rumah politik yang membuatnya happy, tanpa intrik-intrik murahan,” jelas Jamiluddin.

Kepindahan Sandiaga ke PPP juga dianggap tidak banyak berpengaruh pada kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pasalnya, partai berlambang kabah itu memiliki jumlah kursi paling sedikit di parlemen. headtopics.com

“Peluang untuk menjadi capres juga tidaklah besar bila pindah ke PPP. Dengan perolehan kursi yang sangat sedikit, tentu nilai tawar PPP untuk menggolkan Sandi menjadi capres sangat kecil,” ujarnya.

Sandiaga Uno Bukan Menteri dari Partai Gerindra

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menegaskan bahwa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno bukan menteri yang mewakili Partai Gerindra di kabinet.

Menurut Dasco, Sandi adalah menteri dari unsur profesional. Dia menyebut menteri asal Gerindra hanya ada dua, yakni menteri pertahanan, dan menteri kelautan dan perikanan kala masih di bawah Edhy Prabowo.

“Loh itu kan bukan dari Gerindra, itu kan dia diambil dari profesional itu. Yang dari Gerindra itu kan cuma pertahanan dan KKP,” ujar Dasco, Kamis (29/12).

Pernyataan itu disampaikan Dasco sekaligus merespons kemungkinan jumlah kursi menteri dari Gerindra berkurang jika Sandi bergabung dengan PPP.

Wakil Ketua DPR itu menyebut bahwa menteri sepenuhnya merupakan hak prerogatif presiden. “Menteri kan itu hak prerogatif presiden,” ujarnya.

Dasco juga menyebut tanda-tanda kepindahan Sandi ke PPP mulai terlihat sejak akhir 2022. Dia mengaku mendengar kabar tersebut dari beberapa rekan Fraksi PPP di DPR.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA