Iklan
Iklan

Adian Napitupulu dan Hasto Dipolisikan Terkait Pencemaran Nama Baik Jokowi

- Advertisement -

Dua politikus PDI perjuangan Adian Napitupulu dan Hasto Kristiyanto dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri atas dugaan pencemaran nama baik Presiden Joko Widodo.

Laporan terhadap Adian Napitupulu dan Hasto Kristiyanto ditanggapi oleh Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Junimart Girsang. Dia mempertanyakan posisi Lingkar Pemuda Indonesia (LPI) sebagai pelapor.

Junimart mengatakan menghormati hak setiap orang untuk melapor ke kepolisian jika ada kejahatan. Namun, Junimart mempertanyakan kalau dalam rangka ada fitnah, siapa yang difitnah, siapa yang dihina, dan siapa pelapornya.

“Semua orang berhak melaporkan, harusnya yang dirugikan, kecuali kejahatan,” kata Junimart dikutip dari Tempo, Senin, 13 November 2023.

Junimart mengatakan, kasus seperti itu merupakan delik aduan. Dengan begitu, orang yang merasa dirugikanlah yang seharusnya melaporkan masalah tersebut.

Sebelumnya, LPI melaporkan politikus PDIP Adian Napitupulu dan Hasto ke Bareskrim pada Senin, 13 November 2023. Direktur Eksekutif Lingkar Pemuda Indonesia M Saleh mengatakan terdapat tiga laporan terhadap kedua politikus PDIP itu.

“Poin pertama adalah, dia (Hasto) menyebutkan adanya intervensi di sekitaran Istana terhadap Mahkamah Konstitusi. Kedua, dia bilang telah melakukan komunikasi dengan Pratikno dan menyebut Pratikno menangis. Ketiga dia bilang indikasi intervensi terhadap Mahkamah Konstitusi yang terjadi di Istana,” kata M Saleh kepada Tempo, Senin 13 November 2023.

Saleh juga menyebutkan pernyataan Hasto Kristiyanto tanpa disertai bukti yang jelas sehingga berujung pada pencemaran nama baik terhadap Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“Hasto bilang kalau dia hubungi Pratikno melalui WhatsApp, bagaimana dia bisa mengekspresikan Pratikno menangis. Kedua, apa bukti intervensi di Istana terhadap Mahkamah Konstitusi. Dengan adanya ini dia melakukan pencemaran nama baik Joko Widodo dan penggiringan opini dan dia harus membuktikan,” kata Saleh.

Saleh juga mengatakan pihaknya melaporkan Adian Napitupulu atas dasar penggiringan opini masyarakat terkait pernyataannya di media soal permintaan Presiden Jokowi soal rekomendasi saat dia dan keluarganya akan mencalokan diri.

“Seperti yang sudah kita katakan sepekan lalu, adanya tayangan video Adian Napitupulu yang mengatakan, ada yang meminta rekomendasikan sebagai gubernur kita berikan, ada yang meminta menjadi Presiden kita berikan, ada yang anaknya minta direkomendasikan jadi wali kota kita berikan begitu pula dengan menantu,” kata M Saleh.

Namun, hingga saat ini belum ada tanggapan dari Adian Napitupulu dan Hasto Kristiyanto soal laporan terhadap mereka di Bareskrim.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA