Iklan
Iklan

Agar Karier Cemerlang pada Tahun 2023 Inilah Skill yang Dibutuhkan

- Advertisement -
Agar karier cemerlang pada tahun 2023 di saat persaingan dunia kerja yang semakin ketat dan perkembangan teknologi yang semakin cepat, memang dibutuhkan sumber daya manusia yang mampu memperluas keahlian yang dimilikinya.

Supaya karier cemerlang pada tahun 2023 ini yang dibutuhkan lebih dari sekadar kemampuan yang bersifat umum agar mampu bertahan.

Tak hanya merekrut sumber daya manusia yang kompeten, demi melampaui persaingan di era digital, banyak perusahaan sudah mulai mengambil manfaat dari teknologi terbaru.

Teknologi juga bergerak dari otomatisasi menuju kecerdasan buatan yang dapat mengancam sumber daya manusia dalam dunia kerja.

Menghadapi data dan prakiraan ini, kemampuan kita harus diperbaharui serta dipertajam. Kamu akan dapat bersaing dan bekerja berdampingan dengan AI tanpa mengancam posisimu karena kamu all in one. Hal ini membuat persaingan antara para pencari kerja menjadi semakin ketat dan kompetitif.

Soft Skill dan Hard Skill

Seperti yang sudah diketahui bahwa dalam dunia pekerjaan ada dua jenis skill yang harus dimiliki. Kedua skill tersebut yaitu hard skill dan juga soft skill.

Hard skill adalah keterampilan yang dimiliki, dipelajari, dan ditingkatkan dengan pendidikan, latihan, serta pengulangan terus menerus. Ketika sudah bekerja, tentu saja hard skill membantumu menyelesaikan pekerjaan.

Namun, skill yang tak kalah penting adalah soft skill, merupakan keterampilan seseorang yang berkaitan dengan karakter, dan kepribadian, serta dapat membantumu untuk bertahan dan berkembang.

Dalam bekerja, pasti diperlukan koordinasi, komunikasi, problem solving, dan lainnya. Dengan soft skill yang baik, masalah-masalah pekerjaan bisa kamu selesaikan dengan baik. Namun, kedua skill tersebut sama-sama penting untuk dipelajari dan dikembangkan. Karena, pada dasarnya kombinasi keduanya sangat berpengaruh dalam pekerjaanmu.

Nah, setelah tahu pengertian dan perbedaan hard skill dan soft skill, berikut ini beberapa skill yang bisa kamu kembangkan di tahun 2023.

Kreativitas

Kreativitas merupakan skill yang tidak dapat digantikan oleh robot, lho. Bahkan, dengan perkembangan dunia digital, skill ini semakin dibutuhkan untuk dapat menyampaikan ide-ide menarik.

Kecerdasan emosional menjadi hal penting untuk dimiliki mengingat ke depannya lingkungan kerja akan semakin kolaboratif.

Komunikasi

Soft skill satu ini tidak dapat diremehkan karena tidak semua orang bisa melakukannya dengan apik.

Komunikasi yang baik bukan hanya berbicara secara efektif, namun juga termasuk aktif mendengarkan, beradaptasi dengan lawan bicara, memberi tanggapan, dan memahami bahasa tubuh.

Kemampuan dalam berkomunikasi akan menentukan sejauh mana pesan dari perusahaan atau organisasi bisa tersampaikan efektif kepada publik. Skill ini juga sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan.

Membuat keputusan

Membuat keputusan yang baik dan bijak bukanlah hal mudah. Karena itu, skill satu ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Keputusan yang diambil akan berdampak bagi individu, organisasi, bahkan kelangsungan sebuah bisnis.

Kemampuanmu untuk menemukan kredibilitas, mengevaluasi permasalahan, dan menentukan solusi yang tepat juga berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan.

Cara mengasah skill satu ini dengan berlatih mempertimbangkan segala hal dan belajar dari pengalaman orang lain.

Fleksibilitas kognitif

Hampir sama dengan mengambil keputusan, keterampilan satu ini dibutuhkan untuk memecahkan masalah yang kompleks dan perencanaan strategis.

Fleksibilitas kognitif sendiri merupakan kemampuan otak untuk beradaptasi dengan peristiwa baru. Bahkan, situasi yang berubah dan tidak direncanakan sehingga melibatkan kreativitas, penalaran logika, dan sensitivitas terhadap suatu masalah.

Manajemen waktu

Dalam dunia kerja, kemampuan satu ini sangat penting. Kamu yang bisa membagi, memprioritasikan, dan menghargai waktu akan dihargai kembali oleh orang di sekitarmu.

Membagi waktu yang baik juga membuatmu lebih produktif, karena adanya waktu-waktu yang telah disusun untuk bekerja dan istirahat.

Hal yang bisa kamu lakukan yaitu membuat jadwal, atau bahkan to do list untuk kegiatan sehari-hari sehingga dapat mencapai work life balance.

Berpikir analitis dan kritis

Kemampuan pemecahan masalah dan mencari solusi dapat diperoleh dari berpikir analitis dan kritis.

Untuk menghadapi dunia kerja, kamu akan dituntut mampu berpikir kritis seperti mengumpulkan, mengorganisir, melakukan visualisasi, dan memahami sesuatu dengan baik.

Kemampuan berpikir analitis yang baik akan membuat kamu cepat menemukan pola, menarik kesimpulan, dan menemukan solusi yang akan membantu pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Coding

Setelah serangkaian soft skill, sekarang waktunya membahas hard skill. Keterampilan umum yang dibutuhkan oleh bidang IT adalah coding.

Di era digital, tidak mengherankan kemampuan ini banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Coding berguna untuk mengembangkan software baru di berbagai bidang.

Pekerjaan yang membutuhkan skill ini yaitu web developer, software engineer, software developer, dan masih banyak lagi.

Cloud computing

Cloud computing adalah metode penyampain berbagai layanan melalui jaringan internet dengan berbagai sumber daya seperti aplikasi berupa penyimpanan data, server, database, jaringan, dan perangkat lunak lainnya.

Kemampuan cloud computing diprediksi akan semakin dibutuhkan di dunia kerja di tahun yang akan datang.

Sebab dengan metode cloud computing, penyimpanan data dan file dapat dilakukan lebih mudah selama ada akses jaringan internet.

Digital marketing

Digital marketing juga menjadi skill yang paling dibutuhkan oleh berbagai lapisan bisnis hingga perusahaan multinasional.

Banyak perusahaan yang mencari kandidat dengan kemampuan ini untuk memasarkan produk dengan sarana media digital. Karena, dewasa ini pemasaran secara digital atau online akan lebih berpengaruh bagi perkembangan bisnis.

Nah, itulah pembahasan mengenai skill yang diperlukan tahun 2023 untuk dapat bersaing di tengah era digital. Pastikan kamu mengetahui minatmu agar lebih semangat mempelajari skill baru, ya!

Artikel Asli

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA