Beranda Indeks Top AKP Rita Yuliana Kembali Diperbicangkan Publik, Isu Kedekatan dengan Ferdy Sambo Terus...

AKP Rita Yuliana Kembali Diperbicangkan Publik, Isu Kedekatan dengan Ferdy Sambo Terus Disorot

Rita Yuliana
Nama AKP Rita Yuliana kembali disorot disaat kasus pembunuhan Brigadir J alias Yoshua Hutabarat mulai mengarah kepada pengungkapan pelaku utamanya.

AKP Rita Yuliana disebut memiliki kedekatan khusus dengan Irjen Ferdy Sambo. Hal tersebut membuat Rita buru-buru memberikan tanggapan mengenai isu hubungan spesialnya dengan Irjen Ferdy Sambo.

Lewat unggahan di akun Instagram miliknya @ritasorchayuliana, Rita menjawab beberapa pertanyaan netizen yang meminta sang Polwan untuk memberikan klarifikasi terkait hubungannya dengan Ferdy.

“Tolong klarifikasi bu, klo ibu ini bukan simpanan jenderal, agar nama baik ibu jd bersih,” tanya akun @sup***.

“Terimakasih pasti nanti diklarifikasi,” jawab Rita.

“Bu pol masuk berita tuh,” tulis @int***.

“Monitor terima kasih,” jawab Rita di kolom komentar.

Rita Yuliana

Isu AKP Rita Yuliana memiliki hubungan khusus dengan Irjen Ferdy Sambo berawal dari salah satu pengguna Twitter.

“Sambo memiliki cem ceman, Polwan pangkat AKP Rita Yuliana akpol 2013, informasinya Polwan tersebut akan mengundurkan diri atas permintaan FS dan sedang diproses,” isi cuitan akun @m_m***.

Sementara itu, beredar pula isu bahwa Rita Yuliana pernah menikah dan memiliki seorang anak. Hal itu dilihat melalui akun Twitter @Tata241Rita yang diduga milik Rita Yuliana.

Dalam beberapa unggahan, tampak Rita Yuliana memperlihatkan dirinya yang tengah hamil dan kemesraannya bersama sang suami.

Namun, isu lain berembus bahwa Rita dan suaminya telah bercerai.

Netizen dibuat terpesona dengan sosok polwan cantik yang kini menjabat sebagai Kasatlantas Polres Lombok Barat, Rita Yuliana.

Rita Yuliana

Hal itu berawal ketika Instagram Satlantas Polres Lombok Barat, @satlantaslombokbarat memuat video Iptu Rita menggunakan bahasa mandarin dengan fasih memberikan ucapan selamat Imlek.

Netizen pun ramai memuji keahlian polwan cantik tersebut menggunakan bahasa Mandarin. Selain cantik dan jago berbahasa mandarin, ternyata Rita Yuliana pada tahun 2018 lalu, pernah menjadi satu-satunya perwakilan Polri yang mendapatkan beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program di Beijing Foreign Studies University (BFSU) Beijing, Negara Republik Rakyat Cina.

BACA JUGA  Mantan Direktur LBH Padang Era Purnama Sari Dapat Penghargaan SK Trimurti Award 2021 dari AJI

Program itu merupakan spesialis bahasa mandarin yang diikuti oleh 33 negara dari tiga benua yakni Eropa, Asia serta Afrika. Di sana Iptu Rita Yuliana juga sempat menorehkan prestasi, dimana ia mendapatkan Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) yakni ujian standardisasi kemahiran berbahasa mandarin bagi penutur asing yang hanya ditargetkan  mencapai HSK level 3, Polwan Cantik Polda NTB itu justru mendapatkan HSK level 4.

“Kalau viral saya masih kurang tahu sih. Awalnya saya mem-posting video itu di akun resmi Sat Lantas Polres Lombok Barat dan dari akun instagram lain seperti Polisi_Indonesia ikut me-repost video tersebut sampai dengan kemarin saya dikirimi junior saya mengenai pemberitaan tentang video itu,” ujar polwan cantik ini.

Rita Yuliana

“Saya juga mendapatkan keterampilan bahasa Mandarin ini di Beijing Foreign Studies University (BFSU) yang saat itu saya berkesempatan mewakili Polri mendapatkan beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program,” jelasnya.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto mengapresiasi kemahiran dan sikap saling menghargai antar sesama yang ditunjukkan Rita Yuliana.

“Bukan hanya kemahiran dalam berbahasa Mandarin saja yang ditunjukkan oleh Kasat Lantas Lobar ini. Dari sini kita juga bisa belajar untuk saling menghargai antar sesama dalam perayaan hari besar  orang lain,” katanya.

Artanto menyebut keahlian dan prestasi yang diraih Rita merupakan kebanggaan tersendiri untuk Polda NTB. “Kami bangga dengan personel yang berprestasi semacam ini. Ini perlu dicontoh oleh anggota lain,” katanya.

Polwan cantik ini juga memiliki catatan keberhasilan mengungkap praktik tari bugil di salah satu klub malam wilayah Senggigi, Lombok Barat. Saat itu dia bertugas di Subdit IV Ditreskrimum Polda NTB. Di sana dia melakukan penyelidikan dengan menyamar sebagai tamu klub.

BACA JUGA  Kalina Oktarani Dituding Punya Penyakit Kelamin oleh Ricky Miraza

Atas keberhasilannya, polwan cantik ini berhasil mengungkap praktik prostitusi di wilayah destinasi wisata yang sempat menghebohkan NTB, karena NTB menggunakan wisata halal sebagai branding pariwisata.

Namun, pata tahun lalu Polwan cantik yang sempat viral itu muncul namanya dalam mutasi yang tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan Nomor : ST/2604/XII/KEP.2021 yang dikeluarkan Mabes Polri pada tanggal 24 Desember 2021, AKP Rita Yuliani masuk menjadi anggota Jenderal Asal Makassar, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran.

AKP Rita Yuliana SIK MM menganggap mutasi merupakan sesuatu yang lumrah di tubuh Polri. Menurutnya pemindahan dirinya merupakan langkah penyegaran di dalam instansi kepolisian.

“Bagi saya pribadi, hal ini menjadi tantangan baru dalam memberikan pelayanan Kepolisian untuk masyarakat di Ibu Kota. Insyaallah saya siap dan Ikhlas,” ungkap Rita.

Perempuan kelahiran Selong, Lombok Timur 1 Juli 1992 ini bergabung di kepolisian pada tahun 2013. Saat itu niatan untuk menjadi polisi rupanya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Rita Yuliana

Orang tua Rita sempat tidak mengizinkan bungsu empat bersaudara ini untuk tinggal berjauhan.

Akhirnya, polwan cantik ini pun nekat mendaftarkan diri pada seleksi Akpol bersamaan dengan seleksi IPDN sesuai permintaan orangtuanya. Dan takdir pun seolah menggariskan impian Rita.

“Saya diterima di Akpol,” ujarnya.

Usai menempuh pendidikan kepolisian dan S1 STIK PTIK, Rita ditugaskan di Polda DIY. Dia bertugas di Bagian Sentra Pelayanan Kepolisian di Gunungkidul.

Selesai mengikuti pendidikan ke China tahun 2019, Rita pulang ke tanah air dan langsung ditugaskan di Subdit IV Dit Reskrimum Polda NTB.

Pada tahun 2020, Rita kemudian dipercaya menjadi Kasat Lantas Polres Lombok Barat. Tidak lama, Rita menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Lombok Timur.

Facebook Comments

Artikulli paraprakStela Cole Rilis Single Baru “Rhapsody in Pink” di 2022
Artikulli tjetërPara Sahabat Minta Gus Samsudin Sadar dan Kembali Jadi Tukang Rongsokan, Lebih Berkah