Iklan
Iklan

Aktivis Anti Islam Membakar Alquran di Dekat Masjid Kopenhagen, Pemerintah Turki Geram

- Advertisement -
Seorang aktivis anti Islam, Rasmus Paludan membakar Alquran di dekat masjid Konpenhagen atau di luar kedutaan Turki di Denmark.

Aktivis anti Islam yang telah membakar Alquran ini memegang kewarganegaraan Denmark dan Swedia ini. Tindakannya telah membuat marah pemerintah Turki dengan menggelar protes di Swedia pada 21 Januari.

Pada Jumat kemarin dia mereplikasi aksi itu di depan sebuah masjid, serta Kedutaan Besar Turki di Kopenhagen, dan berjanji akan kembali melakukan hal tersebut setiap Jumat sampai Swedia diterima di NATO.

Saat ini, Swedia dan negara tetangga Finlandia itu tengah berusaha untuk bergabung dengan aliansi militer di tengah perang di Ukraina. Namun, aksesi mereka membutuhkan persetujuan dari semua anggota NATO, dan Turki telah mengindikasikan akan memblokir tawaran Swedia.

Bahkan sebelum itu, Ankara mendesak kedua negara untuk menindak kelompok bersenjata Kurdi, aktivis dan kelompok lain yang dianggapnya “teroris”.

Duta Besar dipanggil

Anadolu Agency yang dikelola pemerintah Turki mengatakan duta besar Denmark dipanggil ke kementerian luar negeri Turki di mana para pejabat Turki “mengutuk keras izin yang diberikan untuk tindakan provokatif ini yang jelas-jelas merupakan kejahatan kebencian”.

Duta Besar diberitahu bahwa “sikap Denmark tidak dapat diterima” dan bahwa Turki mengharapkan izin dicabut.

Kementerian luar negeri Turki kemudian mengeluarkan pernyataan yang menyebut Paludan sebagai “penipu yang membenci Islam” dan menyesalkan fakta bahwa ia diizinkan untuk menggelar demonstrasi.

“Menunjukkan toleransi terhadap tindakan keji yang menyinggung sensitivitas jutaan orang yang tinggal di Eropa mengancam praktik hidup berdampingan secara damai dan memprovokasi serangan rasis, xenophobia, dan anti-Muslim,” kata kementerian itu.

Menteri luar negeri Denmark Lars Lokke Rasmussen mengatakan kepada media Denmark bahwa insiden itu tidak akan mengubah “hubungan baik” Denmark dengan Turki, ia menambahkan bahwa Kopenhagen bermaksud untuk berbicara dengan Ankara tentang undang-undang Denmark yang menjunjung tinggi kebebasan.

“Tugas kami sekarang adalah berbicara dengan Turki tentang bagaimana kondisi di Denmark dengan demokrasi terbuka kami, dan bahwa ada perbedaan antara Denmark sebagai sebuah negara – dan rakyat kami seperti itu – dan kemudian tentang orang-orang yang memiliki pandangan yang sangat berbeda,” kata Løkke Rasmussen.

Setelah aksi Paludan di Swedia pekan lalu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memperingatkan Stockholm untuk tidak mengharapkan dukungan untuk tawaran NATO-nya. Turki juga tanpa batas waktu menunda pertemuan kunci di Brussels yang akan membahas keanggotaan Swedia dan Finlandia.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA