Beranda Uncategorized Aliran Dana ACT ke Kelompok Teroris Al Qaeda Mulai Terendus

Aliran Dana ACT ke Kelompok Teroris Al Qaeda Mulai Terendus

Aliran Dana
Aliran dana milik organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) kini tengah ditelusuri oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Temuan teranyar, PPATK mengendus adanya aliran dana ACT ke rekening seseorang yang terafiliasi dengan kelompok teroris Al Qaeda.

“Berdasarkan hasil kajian dari database yang PPTK miliki ada yang terkait dengan pihak yang, ini masih diduga yang bersangkutan (penerima) pernah ditangkap menjadi satu dari 19 orang yang ditangkap kepolisian Turki karena terkait dengan Al Qaeda,” ujar Kepala PPATK Ivan Yustiavandana, Rabu, 6 Juli 2022.

Namun, Ivan tidak menjelaskan secara detail kapan transaksi terlarang tersebut dilakukan. Pihaknya mengaku masih melakukan pendalaman keterkaitan ACT dengan kelompok Al Qaeda.

“Ini masih kajian lebih lanjut, ini memang ditujukan aktvitas lain atau kebetulan,” jelasnya.

Ivan juga menemukan aliran keuangan ACT yang secara tidak langsung mengarah kepada aktivitas yang melanggar ketentuan perundang-undangan. Namun, Ivan juga tidak menjelaskan secara jelas maksud aktivitas tersebut.

Namun, pihaknya hingga saat ini telah memblokir 60 rekening milik ACT di 33 bank. Jumlah rekening yang akan diblokir dipastikan masih akan bertambah.

Facebook Comments

Artikulli paraprakManchester City Umumkan Kemitraan Regional dengan 8XBET
Artikulli tjetërAnya Geraldine dan Jolene Marie Berseteru Untuk Merebut Hati Omar Daniel