Iklan
Iklan

Alodokter 2024 Lolos Uji Coba Regulatory Sandbox

- Advertisement -
Alodokter dinyatakan sebagai salah satu platform telemedisin yang lolos uji coba Regulatory Sandbox dari Kementrian Kesehatan RI melalui unit Digital Transformation Office (DTO).

Memiliki status Direkomendasi Bersyarat merupakan suatu kehormatan dan tanggung jawab yang besar bagi Alodokter, karena selain diberikan izin khusus untuk menggunakan logo resmi Kementerian Kesehatan pada platformnya, ini juga mencerminkan kepercayaan penuh yang diberikan oleh pihak berwenang terkait inovasi layanan telekesehatan.

Alodokter mendukung aktif dan mematuhi standar serta kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk memastikan layanan kesehatan yang optimal dan aman bagi masyarakat.

Alodokter

“Alodokter selalu berkomitmen untuk selalu mendukung program Kementerian Kesehatan dalam menciptakan inisiatif yang bermanfaat bagi masyarakat. Melihat pentingnya pelaksanaan regulatory sandbox, kami percaya bahwa langkah ini memungkinkan pemerintah untuk merancang kebijakan yang dapat meningkatkan layanan kesehatan dan kesetaraan.” kata Suci Arumsari selaku President Director dan Co-founder dari Alodokter.

“Keberhasilan lolos uji coba regulatory sandbox tidak hanya menjadi bukti kesetiaan kami pada visi besar Alodokter untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat melalui teknologi digital, tetapi juga dorongan untuk terus berkontribusi dalam mewujudkan perubahan positif bagi kesejahteraan bersama.”tambahnya

Regulatory Sandbox merupakan pendekatan penyusunan regulasi yang semakin populer di berbagai negara untuk mendorong tata aturan yang adaptif terhadap inovasi digital disruptif yang berkembang cepat dan dinamis. Regulatory sandbox didefinisikan sebagai mekanisme untuk menguji produk atau model bisnis digital di lingkungan terbatas di bawah pengawasan regulator.

Alodokter

Pendekatan ini membantu pembuat kebijakan mengatasi dampak dan ketidakpastian atas hadirnya teknologi baru, baik yang disengaja maupun tidak. Terlebih masyarakat pengguna layanan kesehatan digital berhak mendapatkan jaminan mutu, keamanan serta pelindungan data pribadi atas layanan kesehatan digital.

Program regulatory sandbox untuk Inovasi Digital Kesehatan (IDK) pada klaster telekesehatan diinisiasi oleh Kemenkes guna mengakselerasi transformasi digital kesehatan di Indonesia. Penilaian atau pengujian dilakukan beberapa tahap pada aplikasi mobile kesehatan tersebut.

Dalam melakukan pengujian sandbox ini, Kemenkes menggunakan enam aspek uji yang terdiri dari: uji fungsionalitas fitur berjalan dengan baik pada platform, uji keamanan mencakup praktik perlindungan data, uji privasi data mencakup keamanan data pribadi hingga data medis, uji spesifik klaster atau tata kelola fitur, uji inklusivitas dari sisi teknologi (bandwith untuk akses layanan) hingga fitur untuk disabilitas, dan terakhir uji integrasi melihat kemampuan platform dan aplikasi untuk terintegrasi dengan Satu Sehat. Alodokter dinyatakan lolos uji coba semua tahapan.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA