Beranda INTERNASIONAL Amerika Serikat Jual 1 Juta Barel Minyak Milik Iran

Amerika Serikat Jual 1 Juta Barel Minyak Milik Iran

amerika serikat iran minyak
Amerika Serikat telah menjual lebih dari satu juta barel bahan bakar Iran yang disita di bawah program sanksi tahun lalu, kata seorang pejabat Departemen Kehakiman, ketika kapal lain dengan minyak mentah Iran yang dicegat berlayar ke pelabuhan AS.

Penyitaan itu adalah bagian dari sanksi ekonomi keras Amerika Serikat terhadap Teheran yang dikenakan atas program nuklirnya dan penunjukan AS atas sejumlah kelompok Iran sebagai “teroris”, yang berlanjut selama beberapa dekade kebencian antara kedua negara. Iran menolak tuduhan AS.

Dalam pendekatan baru tahun lalu, pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump menggunakan prosedur penyitaan sipil untuk menyita sekitar 1,2 juta barel bensin yang katanya dikirim dari Iran ke Venezuela dengan menggunakan empat kapal tanker.

Pengiriman itu merupakan penyitaan terbesar oleh Washington atas bahan bakar Iran sampai saat ini, ditransfer ke kapal lain dan dikirim ke Amerika Serikat, di mana bahan bakar itu dimaksudkan untuk dijual.

amerika serikat iran minyak

Juru bicara Departemen Kehakiman Marc Raimondi mengatakan minggu ini bahwa penjualan kargo telah selesai, menambahkan bahwa pemerintah “masih mengerjakan biaya akhir”.

“Minyak telah disita, dan penjualan sela telah mempertahankan nilai tunai minyak bumi, yang sekarang dipegang oleh US Marshals Service,” katanya. Nilai bensin tidak diketahui tetapi kemungkinan bernilai puluhan juta dolar berdasarkan patokan harga bensin Eropa.

Raimondi mengatakan departemen tersebut masih membutuhkan Pengadilan Distrik AS di Washington, DC untuk memasukkan perintah penyitaan “dan kemudian dana akan ditransfer ke Dana Terorisme yang Disponsori oleh Korban Negara AS”.

Pekan lalu, AS mengajukan gugatan untuk menyita kargo lain, salah satu minyak mentah ini dikatakan berasal dari Iran – bukan Irak, sebagaimana tercantum dalam bill of lading – melanggar peraturan terorisme AS.

amerika serikat iran minyak

Kargo itu, dimuat ke kapal tanker Achilleas berbendera Liberia, terakhir kali dilaporkan di perairan Karibia. Pelabuhan Galveston, Texas di Teluk AS adalah tujuannya dengan jadwal kedatangan pada 15 Februari, data pelacakan kapal Refinitiv menunjukkan pada hari Rabu.

Kelompok pilot di Galveston dan Houston, Texas mengatakan mereka belum diberi tahu tentang kedatangan Achilleas atau agen mana yang akan menangani pembongkaran kargo.

Hubungan antara Washington dan Teheran memburuk di bawah Trump. Pemerintahannya menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan enam kekuatan dunia, memberlakukan lebih banyak sanksi terhadap Teheran dan membunuh kepala Pasukan Quds elit Iran dalam serangan udara Januari 2020.

Presiden AS Joe Biden mendukung kembali ke diplomasi dengan Iran jika hal itu sesuai dengan kesepakatan nuklir 2015. Tetapi minggu ini dia mengatakan AS tidak akan mencabut sanksi ekonominya terhadap Iran untuk membawa Teheran kembali ke meja perundingan untuk membahas bagaimana menghidupkan kembali kesepakatan itu.

 

amerika serikat iran minyak