Beranda PERISTIWA Angin Kencang Dan Ombak Besar Akibatkan Rumah Warga Pesisir Di Bantaeng Tergenang...

Angin Kencang Dan Ombak Besar Akibatkan Rumah Warga Pesisir Di Bantaeng Tergenang Air Laut

Bantaeng
Rumah warga pesisir pantai di Lambocca yang tergenang air laut pasang
Angin kencang melanda wilayah pesisir pantai di Desa Biangkeke, Kecamatan Pa’jukukang, Kabupaten Bantaeng pada Kamis sore, 04 Februari 2021.

Di sepanjang wilayah pesisir pantai dibelakang Pasar Lambocca ini terlihat beberapa rumah warga yang terendam air laut.

“Ketinggian air laut ini di atas normal”, ucap Jelmis. Salah satu warga pesisir yang rumahnya berada dibelakang Pasar Lambocca ini ketika IndeksNews.com hubungi via seluler.

PicsArt 02 04 11.03.00

Jelmis adalah seorang nelayan. Kesehariannya bergantung pada alam khususnya di laut disekitar kawasan rumahnya yang terletak di pesisir pantai wilayah Desa Biangkeke.

“Sudah 2 hari mi ini pak wartawan. Kalo sore menjelang malam itu, angin na sangat kencang dan ombak na juga sangat besar”, kata Jelmis (dalam logat Makassar) ketika dihubungi IndeksNews.com.

“Saya sama teman yang warga pesisir dekat bibir pantai disini juga sudah 2 malam ini begadang sambil jaga-jaga kalo air laut itu pasang”, ungkap Jelmis.

Sementara itu ditempat terpisah, Aktifis yang juga calon Pengacara ini ketika dihubungi IndeksNews.com via seluler, mengatakan; Sangat sedih dan merasa iba melihat kondisi rumah warga yang rumahnya terendam air laut.

PicsArt 02 04 10.27.52 1

“Dengan melihat keadaan dan kondisi rumah warga dibelakang Pasar Lambocca di Desa Biangkeke, Kecamatan Pa’jukukang lewat videocall saya dengan keluarga disana itu sangat memprihatinkan. Kejadian seperti ini hampir terjadi setiap awal tahun saat hujan lebat disertai angin kencang sehingga air laut menjadi pasang dan masuk ke rumah warga sekitar pesisir pantai”, ungkap Jamal Gondrong saat dikonfirmasi via seluler.

“Air laut yang pasang dan menggenangi kolong rumah warga sehingga semua barang berharga dilantai dasar itu harus diamankan ke balkon dilantai 2 rumah tersebut”, ujarnya.

Sebagai Ketua Fp2bt, Jamal Gondrong sangat prihatin melihatnya dan dirinya sangat berharap agar Pemerintah Kabupaten Bantaeng itu bisa peka dan melihat langsung kondisi di lokasi tersebut.

PicsArt 02 04 10.51.49 1
Jamal Gondrong

“Saya mewakili warga pesisir di sepanjang pantai dibelakang Pasar Lambocca berharap agar Pemerintah Kabupaten Bantaeng bisa membangun tanggul penahan air dilokasi tersebut, agar tidak lagi terjadi hal yang sama pada warga yang rumahnya berada dilokasi pesisir sepanjang pantai itu”, harapnya.