Iklan
Iklan

Apa Perbedaan Software Payroll dengan Software HRIS, Mana yang Lebih Penting?

- Advertisement -

Produktivitas adalah hal yang penting bagi perusahaan. Semakin produktif para karyawan maka semakin baik kinerja perusahaan. Makanya tidak heran bila saat ini perusahaan mencari cara terefektif untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menggunakan software payroll.

Penggunaanya adalah sebagai cara untuk membuat proses penggajian bisa dilakukan lebih cepat dan tepat. Karena seperti yang kita ketahui bersama, proses penghitungan gaji karyawan menjadi hal yang memakan banyak waktu.

Namun, sebelum kita mendengar software payroll terlebih dulu kita sudah sering mendengar perusahaan menggunakan software HRIS. Lantas apa perbedaan keduanya? Kali ini mari kita bahas!

Perbedaan Software Payroll dan Software HRIS

Kedua teknologi software HRIS dan software payroll sedang banyak diperbincangkan oleh para praktisi HR saat ini. Hal ini sebenarnya adalah hal yang wajar karena kehadiran kedua teknologi ini dikatakan mampu membuat proses rumit pengelolaan administrasi dan penggajian di perusahaan menjadi proses yang lebih sederhana.

Lantas sebenarnya apa perbedaan dari keduanya? Mari sama-sama kita bedah

Perbedaan software payroll dan software HRIS secara pengertian sebenarnya sudah berbeda. Software HRIS (Human Resource Information System) adalah sebuah perangkat lunak yang menyediakan penyimpanan master data karyawan yang terpusat yang membantu HR untuk melakukan segala tugasnya terkait dengan administrasi karyawan dan perusahaan.

HRIS mampu menyimpan, memproses, sampai dengan mengelola data karyawan mulai dari nama, alamat, nomor identitas, izin kerja, dan data personal lainnya.

Apa sampai situ saja? Tentu tidak, HRIS juga menyediakan fungsi-fungsi SDM lainnya, seperti rekrutmen, manajemen waktu dan kehadiran, penilaian kinerja, sampai pengelola suksesi karyawan. Bahkan saat ini ada juga HRIS ESS yang di mana memungkinkan karyawan untuk mengelola sendiri data diri mereka, mengajukan cuti, izin, sampai absen. Keberadaannya adalah salah satu cara meningkatkan employee engagement antara karyawan dan perusahaan.

Sedangkan, software payroll adalah perangkat lunak yang membantu perusahaan dalam mengelola penggajian karyawan. Dengan bantuan software ini, HR dapat menghitung komponen gaji karyawan lebih mudah dan tepat berdasarkan jam kerja dan kehadiran. Selain itu, software payroll juga mampu menghitung upah lembur, BPJS, dan tunjangan. Bahkan, saat ini sudah ada software payroll Indonesia yang memiliki fitur kalkulator pajak yang memudahkan HR dalam menghitung PPh 21 karyawan agar tidak terjadi kurang bayar.

Dari pengertian keduanya antara software HRIS dan software payroll kita dapat menarik kesimpulan perbedaan keduanya. Di mana software HRIS merupakan perangkat yang cakupannya lebih luas mulai dari pengelolaan database karyawan, penggajian, manajemen waktu dan kehadiran, dan masih banyak lagi. Sementara itu, software payroll hanya fokus kepada perhitungan gaji dan tunjangan karyawan saja.

Mana yang Harus Dimiliki Perusahaan, Software Payroll atau Software HRIS?

Nah, setelah mengenal perbedaan keduanya, pasti Anda bertanya-tanya jadi lebih baik perusahaan memiliki software payroll saja atau HRIS saja?

Sebenarnya hal ini kembali lagi kepada perusahaan itu sendiri. Tapi, melakukan pekerjaan HR secara manual dengan menyimpan file-file fisik tentu sangat menyita waktu. Selain itu, cara manual memiliki risiko human error yang tinggi. Akibatnya efektivitas dan efisiensi manajemen perusahaan akan menurun. Tentu ini akan memengaruhi kinerja perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Maka ada baiknya menggunakan teknologi yang membawa kemudahan untuk perusahaan dalam melakukan segala aktivitas operasional, termasuk manajemen SDM. Apalagi saat bisnis Anda mulai berkembang dan jumlah karyawan bertambah, maka penggunaan teknologi adalah satu hal yang harus dilakukan.

Menyederhanakan proses HR dengan implementasi software HRIS atau software payroll menjadi pilihan yang tepat.

Kebanyakan perusahaan akan menggunakan software HRIS karena memiliki modul yang lengkap. Tapi, Anda tidak perlu bingung, jika Anda membutuhkan semuanya, Anda bisa menggunakan software dari LinovHR. Baik HRIS maupun payroll, tersedia di LinovHR.

Semua modul LinovHR juga terjamin keamanannya karena sudah berbasis cloud. Dan yang paling penting, software LinovHR itu mudah digunakan. Untuk tahu lebih lanjut, mengenai software LinovHR, silakan kunjungi websitenya dan ajukan demo gratisnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA