Beranda TEKNOLOGI Aplikasi Parler Diblokir oleh Google, Apple, dan Amazon

Aplikasi Parler Diblokir oleh Google, Apple, dan Amazon

parler google apple amazon
Amazon, Apple dan Google telah memblokir aplikasi jejaring sosial Parler dari layanan dan toko aplikasi masing-masing setelah serangan hari Rabu di Capitol AS oleh massa pendukung Trump.

Parler telah dipenuhi dengan komentar kekerasan sejak sebelum serangan di Capitol, dan Apple serta Google mengatakan mereka akan memulihkan aplikasi hanya jika aplikasi tersebut memoderasi layanannya dengan lebih baik.

Chief Executive Parler John Matze memposting di layanannya Sabtu malam bahwa Amazon telah memberitahunya bahwa mereka tidak akan lagi menghosting layanannya di platform Amazon Web Services.

parler google apple amazon

Langkah tersebut mengikuti pengumuman sebelumnya oleh Apple dan Google bahwa mereka juga menghapus aplikasi itu dari toko aplikasi masing-masing.

“Ini adalah serangan terkoordinasi oleh raksasa teknologi untuk membunuh persaingan di pasar,” tulis Matze, menambahkan bahwa layanannya “terlalu sukses terlalu cepat.” Dia awalnya tidak membahas aturan moderasi platformnya yang relatif longgar atau penggunaannya oleh ekstremis menjelang kerusuhan Capitol Hill. Dia juga tidak menyebutkan kekhawatiran yang meningkat bahwa aplikasi media sosial, termasuk Parler, digunakan untuk mengatur serangan lain dalam beberapa minggu mendatang.

Dan pada Minggu malam, Matze menambahkan dalam pernyataan pers bahwa perusahaannya sedang berupaya meningkatkan moderasi untuk menghapus konten terlarang seperti postingan yang menghasut atau mengancam kekerasan.

parler google apple amazon

“Parler berusaha untuk menyatukan orang dan menemukan kesamaan, perdamaian dan penyembuhan. Kami tidak memaafkan atau menerima kekerasan di platform kami dan tidak akan pernah,” kata Matze.

Sebelumnya pada hari Sabtu, Apple mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah melarang Parler dari App Store-nya karena gagal mengawasi konten yang diposting oleh pengguna.

” Apple selalu mendukung beragam sudut pandang yang ditampilkan di App Store, tetapi tidak ada tempat di platform kami untuk ancaman kekerasan dan aktivitas ilegal,” kata perusahaan itu. “Parler belum mengambil tindakan yang memadai untuk mengatasi penyebaran ancaman terhadap keselamatan orang lain. Kami telah menangguhkan Parler dari App Store sampai mereka menyelesaikan masalah ini.”

BACA JUGA  Model Cantik Asal Filipina Tewas Dibunuh dan Ditemukan di Sungai Membeku

parler google apple amazon

App Store adalah satu-satunya cara untuk mendistribusikan aplikasi ke iPhone, jadi pemblokiran merupakan tantangan serius bagi layanan online, meskipun sering kali aplikasi masih dapat dijangkau melalui situs web.

Langkah Apple mengikuti keputusan Google pada hari Jumat untuk menghapus aplikasi Android Parler dari Play Store karena alasan yang sama.

“Kami mengetahui bahwa postingan di aplikasi Parler yang berupaya menghasut kekerasan yang sedang berlangsung di AS,” kata Google. “Kami menyadari bahwa mungkin ada perdebatan tentang kebijakan konten dan mungkin sulit bagi aplikasi untuk segera menghapus semua konten yang melanggar, tetapi bagi kami untuk mendistribusikan aplikasi melalui Google Play, kami benar-benar mengharuskan aplikasi tersebut menerapkan moderasi yang kuat untuk konten yang tidak menyenangkan. “

Facebook Comments

Artikel sebelumyaMelanie Subono Sindir YouTuber Bikin Konten di Lokasi Jatuhnya Pesawat Sriwijaya
Artikel berikutnyaHabib Rizieq Tersangka Kasus Tes Swab, Pengacara: Kasus Sampah!