Asap Tebal Keluar dari Gunung Kerinci!

Gunung Kerinci,asap tebal
Gunung Kerinci terpantau mengeluarkan asap tebal. Asap itu berhembus mengarah ke Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar).

Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3.805 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL) ini menyemburkan abu vulkanik yang cukup tebal berwarna kehitaman pada pada Rabu (19/10).

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kerinci, Darifus membenarkan jika Gunung Kerinci erupsi mengeluarkan asap tebal.

“Iya benar. Laporan dari petugas pengamatan Gunung Kerinci di Kayu Aro untuk kondisi sekarang sudah normal kembali,” terang Darifus, Rabu (19/10).

Sementara itu, Chua salah satu anggota kelompok Pencinta Alam Kerinci – Sungaipenuh mengatakan jika ini hal yang biasa di setiap gunung yang aktif tinggal pemahaman dan pemberitahuan dari pihak pengelola untuk pengunjung agar mewaspadai aktifitas gunung.

“Kalau bisa, saat masa erupsi dilarang pendakian ke Gunung Kerinci demi menjaga keamanan dan meminimalisir risiko,” kata Chua.

Dia menambahkan, erupsi ini sudah biasa terjadi sehingga warga tidak perlu panik.

“Kami imbau agar tidak membesar-besarkan hal ini, karena erupsi ini sudah biasa, sehingga tidak terjadi kepanikan di masyarakat, jadi tunggu pemberitahuan lebih lanjut dari pihak yang berwenang seperti BMKG dan Taman nasional,” kata dia.

Sementara itu Camat Kayu Aro, Edi Ruslan, juga mengaku juga melihat Gunung Kerinci mengeluarkan asap tebal.

“Meskipun jarak cukup jauh, tapi juga nampak jelas, asap tebal keluar dari kawah Gunung Kerinci, beda dari seperti hari biasanya,” katanya.

Namun Edi mengatakan kejadian itu tidak mengganggu aktivitas warga. “Warga tetap ke ladang menjalankan aktifitas seperti biasa,” tutupnya. (Kay)

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments