Iklan
Iklan

Badai Tornado Menerjang AS Selatan Menewaskan Sedikitnya 9 orang

- Advertisement -
Badai Tornado yang begitu mematikan menerjang bagian selatan Amerika Serikat. Angin yang begitu kencang bergerak menuju AS timur laut.

Badai Tornado yang disertai hujan lebat melanda beberapa kawasan di Amerika Serikat bagian selatan, menewaskan sedikitnya sembilan orang dan membuat lebih dari satu juta warga tidak mendapatkan pasokan listrik.

Layanan Cuaca Nasional mengatakan badai kuat itu sebagian besar telah meninggalkan selatan negara itu pada akhir Jumat dan bergerak ke AS timur laut, di mana diperkirakan akan menyebabkan salju dan hujan es dari tenggara Michigan timur ke negara bagian New York.

Gubernur Kentucky Andy Beshear mengatakan setidaknya dua badai tornado yang menerjang bagian barat negara tersebut.

Gubernur mengatakan di media sosial bahwa setidaknya tiga orang tewas dalam cuaca buruk, meskipun dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Orang keempat tewas oleh badai di Kentucky, seorang wanita yang meninggal ketika sebuah pohon tumbang menimpa mobil tempat dia berada.

Selain badai tornado, Beshear mengatakan badai petir di Kentucky mengakibatkan angin 129 km (80 mil) per jam, yang “cukup kuat untuk meniup trailer traktor dari jalan”.

Beshear telah menyatakan keadaan darurat sebelum badai dan pada Jumat malam. Walikota Louisville, Craig Greenberg, mengatakan badai cukup parah, angin kencang, kerusakan meluas dan bahaya bagi kehidupan dan harta benda.

Badai Tornado

“Saya mendorong semua orang di komunitas kami untuk sangat berhati-hati malam ini, dan dalam beberapa hari mendatang – jangan mengemudi melalui genangan air, jangan mendekati kabel listrik yang jatuh, atau melakukan apa pun yang akan membahayakan nyawa siapa pun,” kata Greenberg dalam sebuah posting Facebook.

Gubernur Alabama Kay Ivey mengatakan di media sosial bahwa tiga orang tewas dalam badai di negara bagiannya, namun dia tidak memberikan rincian.

Di Arkansas, seorang pria meninggal ketika dia tersapu ke sungai saat mengemudi di jalan yang banjir.

Di Mississippi, Gubernur Tate Reeves mengatakan di media sosial pada hari Jumat bahwa badai dan angin kencang telah mengakibatkan kematian satu orang, meskipun dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Lebih dari 1,4 juta rumah dan tempat usaha tidak mendapat pasokan listrik terutama di negara bagian yang terkena dampak badai.

Ahli meteorologi menyatakan, badai dahsyat sering terjadi di AS selatan pada bulan-bulan musim dingin, ketika udara hangat dan lembab muncul dari Teluk Meksiko dan bertabrakan dengan udara yang lebih dingin yang bergerak turun dari utara.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA