Iklan
Iklan

Mengenal Apa Itu Block Explorer, Bagian dari Infrastruktur Web3

- Advertisement -
Block Explorer atau Blockchain Explorer dapat dianggap seperti Google di industri blockchain dan kripto. Pengguna diberikan akses ke berbagai informasi tentang transaksi pada alamat wallet dan blockchain tertentu. Informasi ini dapat mencakup jumlah uang yang dipertukarkan, asal dan tujuan dana, serta status transaksi. 

“Penciptaan Block Explorer sudah ada sejak awal kripto dihadirkan. Penjelajah blockchain pertama di dunia ini dikembangkan pada tahun yang sama saat Bitcoin diluncurkan ke publik untuk pertama kalinya, pada tahun 2009,” ujar Pendiri dan CEO dari crypto exchange CoinEx, Haipo Yang.

Blockchain Explorer adalah aplikasi berbasis web yang dibangun dan dikembangkan untuk menampilkan semua informasi yang terkait dengan blok, alamat, dan transaksi sebelumnya dan saat ini di Blockchain. Alat web ini umumnya memberikan informasi bermanfaat, seperti tingkat hash jaringan dan indeks pertumbuhan transaksi.

Block Explorer

“Banyak orang, termasuk mereka yang sudah mengetahui kripto, perlu memahami nilai yang melekat pada Blockchain Explorer secara mendasar. Ini terjadi bahkan di antara mereka yang sudah terbiasa dengan kripto,” ujar Haipo Yang.

Namun, ketika kita memanfaatkan kemungkinan yang disediakan oleh Blockchain Explorer, ada banyak hal hebat yang dapat dilakukan dan temukan. Dalam konteks web3, block explorer dapat memfasilitasi penggunaan aplikasi berbasis blockchain dengan menyediakan antarmuka yang mudah digunakan untuk melihat riwayat transaksi, status jaringan, dan data penting lainnya.

Beberapa cara di mana block explorer dapat memfasilitasi web3 adalah pelacakan transaksi, informasi alamat, pemantauan kesehatan jaringan dan verifikasi kontrak pintar.

Di sisi lain, blockchain explorer lainnya membantu melacak metrik teknis blockchain, seperti kecepatan blok, kemacetan jaringan, dan kumpulan memori. Sebaliknya, beberapa blockchain explorer membantu melihat informasi spesifik tentang transaksi blockchain.

Beberapa blockchain explorer paling terkenal, yang mungkin di antaranya Anda sudah ketahui, adalah Blockchain.com, Etherscan, Solscan, BlockCypher dan Blocked Tracks. “Di CoinEx, ada ViaWallet Blockchain Explorer. Ini memungkinkan Anda dapat dengan mudah menjelajahi dan melacak transaksi dan aktivitas blockchain. Teknologi canggih mereka memungkinkan Anda melihat data yang aman dan andal,” ujar Haipo Yang.

ViaWallet adalah perusahaan yang digerakkan oleh inovasi dengan investasi ekstensif dan basis pengguna global. Itu berkomitmen untuk mengkatalisasi kemajuan dalam industri blockchain dan membangun masa depan yang lebih baik bagi dunia melalui misinya “Via Blockchain, Membuat Dunia Menjadi Tempat yang Lebih Baik.”

“Block Explorer dapat membawa transparansi dan akuntabilitas ke jaringan. Platform membuat semua data transaksi tersedia untuk masyarakat umum. Oleh karena itu, siapa pun dapat melihat atau memverifikasi data, menjamin bahwa blockchain akan tetap terbuka dan dapat dipercaya,” tambah Haipo Yang.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA