Iklan
Iklan

Bayer Indonesia Peduli Kesehatan Perempuan Melalui Program Bicara Kontrasepsi

- Advertisement -
Bayer Indonesia, perusahaan global yang bergerak di bidang life science terkait kesehatan dan pertanian mengajak perempuan Indonesia untuk sadar akan kesehatan reproduksi dan perencanaan keluarga.

Untuk merealisasikan komitmen tersebut, Bayer Indonesia melalui melalui situs Bicara Kontrasepsi, menyediakan informasi terpercaya bagi masyarakat luas tentang kesehatan perempuan dan kontrasepsi.

Informasi ini penting terutama bagi perempuan Indonesia agar mereka secara sadar dapat membuat keputusan untuk kesehatan dan hidupnya.

Bayer Indonesia juga ingin memberikan edukasi bahwa perempuan berhak untuk memilih metode kontrasepsi yang aman, bermanfaat bagi kesehatan sekaligus nyaman digunakan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kontrasepsi bagi perempuan dan manfaat kesehatannya, kunjungi https://www.bicarakontrasepsi.com/.

Pemilihan metode kontrasepsi yang tepat berkontribusi dalam menjamin kesehatan perempuan usia produktif sehingga mampu melahirkan anak yang sehat dan berkualitas serta menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI).

Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, terdapat 7.389 kematian ibu di Indonesia pada 2021. Jumlah tersebut melonjak 56,69 persen dibanding tahun sebelumnya, yakni sebanyak 4.627 jiwa.

Pengaturan jarak kehamilan turut menentukan kualitas pemenuhan nutrisi pada ibu dan bayi. Oleh sebab itu, keluarga berencana berperan penting dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting.

Perencanaan kehamilan termasuk di dalamnya pilihan metode kontrasepsi yang tepat juga dipercaya dapat meningkatkan kualitas hidup perempuan. Perencanaan keluarga yang matang, akan memberikan ruang bagi perempuan untuk mengembangkan potensi diri.

Inovasi Kontrasepsi untuk Kesehatan dan Kualitas Hidup Perempuan Indonesia

Di Tanah Air, prevalensi penggunaan kontrasepsi oleh perempuan yang sudah menikah terus meningkat setiap tahunnya. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mencatat presentase prevelansi pengguna kontrasepsi oleh perempuan di Indonesia yang sudah menikah pada tahun 2018 sebesar 61,2 persen.

Angka tersebut naik menjadi 62,2 persen pada tahun 2022 dan diperkirakan akan terus naik hingga mencapai 64,4% pada 2030. Meningkatnya penggunaan kontrasepsi menunjukkan masyarakat kian sadar terhadap pentingnya perencanaan keluarga.

Tak heran dengan dukungan kemajuan teknologi dan penelitian, kini bermunculan beragam pilihan kontrasepsi. Salah satu yang menjadi unggulan adalah kontrasepsi oral kombinasi yang mengandung Drospirenon.

Drospirenon berperan dalam mengentalkan cairan pada leher rahim sehingga sperma sulit masuk ke dalam rahim, serta membuat rahim tidak bisa mendukung proses pembuahan. Selain mencegah kehamilan, kandungan Drospirenon juga bermanfaat untuk kecantikan karena dapat mencegah jerawat akibat perubahan hormon.

Tak hanya itu, hormon ini juga ampuh untuk mengurangi gejala Pre-Menstrual Syndrome ringan sebagai peningkatan nafsu makan, suasana hati yang memburuk, dan perut kembung akibat retensi air. Penelitian juga menyebutkan bahwa drospirenon mampu menekan risiko kanker rahim hingga 50 persen.

“Inovasi Bayer menghadirkan pil kontrasepsi kombinasi yang efektif mencegah kehamilan, nyaman bagi tubuh, sekaligus dapat meningkatkan kualitas hidup penggunanya. Selain itu, pil kontrasepsi juga terbukti dapat menurunkan risiko kanker endometrium,” jelas Dr. Dewi Muliatin Santoso, Bayer Pharmaceutical – Head of Medical Dept.

Sebagai perusahaan yang peduli akan kualitas hidup perempuan, Bayer berkomitmen untuk mendukung pemberdayaan dan kesehatan perempuan melalui inovasi dan akses terkait kontrasepsi dan keluarga berencana.

Situs Bicara Kontrasepsi merupakan salah satu wujud kontribusi dan komitmen Bayer dalam hal ini dengan memberikan informasi dan edukasi mengenai kontrasepsi dan kesehatan reproduksi perempuan.

Dr. Dewi juga mengatakan, upaya pengendalian kelahiran kerap kali membuat perempuan kehilangan kuasa atas tubuhnya sendiri. Sejatinya penting bagi perempuan untuk memiliki pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi dan berbagai pilihan metode kontrasepsi.

Hal itu akan mendorong terwujudnya kesetaraan gender, di mana perempuan diberikan ruang untuk ikut andil dalam perencanaan keluarga. “Bayer mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama mendukung perjuangan  perempuan  masa kini, demi menciptakan generasi yang lebih kuat, sehat dan berdaya.” pungkas Dr.Dewi.

https://www.bayer.com/id/id/indonesia-home

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA