Beranda INFO SEHAT Benarkah Minuman Kolagen Bermanfaat Bagi Kulit?

Benarkah Minuman Kolagen Bermanfaat Bagi Kulit?

minuman kolagen

Minuman kolagen adalah suplemen yang mengklaim dapat meningkatkan produksi kolagen alami dalam tubuh, mengurangi efek penipisan kolagen seiring bertambahnya usia, dan menjaga kulit awet muda dengan menjaga integritasnya.

Kulit adalah organ tubuh terbesar, dan kandungan kolagen kulit sehat lebih dari 75%. Kolagen menjaga integritas kulit. Berbagai jenis kolagen dalam tubuh manusia mendukung tulang rawan, tendon, membran jaringan, otot, sendi, tulang, pembuluh darah, dan organ internal lainnya.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen mulai menipis. Akibatnya, kulit kehilangan integritasnya, menjadi kendur, keriput, garis-garis halus. Sebagian besar dari kita mulai menggunakan produk perawatan kulit dengan kolagen untuk memperbaiki kerusakan kulit, sementara banyak yang sering menggunakan minuman dan suplemen kolagen. Namun, apakah minum kolagen merupakan pilihan yang layak?

Benarkah Minuman Kolagen Menyehatkan Kulit?

Minuman kolagen mungkin dapat menyehatkan kulit. Namun, mekanismenya berbeda.

tips anti-aging

Minum kolagen tidak akan menambahkan peptida kolagen itu langsung ke lapisan kulit. Para ahli percaya bahwa peptida kolagen dalam minuman memberi sinyal pada tubuh untuk meningkatkan produksi kolagen alami dengan merangsang fibroblas (sel yang memproduksi kolagen).

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Oxidative Medicine and Cellular Longevity mengevaluasi efek minum kolagen ikan pada penuaan kulit. Ditemukan bahwa minuman kolagen dapat memiliki efek anti-penuaan dengan menghambat produksi spesies oksigen reaktif, mengurangi stres oksidatif, meningkatkan fungsionalitas sel, dan mengurangi efek berbahaya dari radiasi UVA.

Sebagian besar minuman kolagen mengandung kolagen terhidrolisis, yang mudah diserap oleh tubuh, dan peptida kolagen tersedia secara hayati.

Studi independen lain yang melibatkan 805 pasien menunjukkan bahwa suplemen kolagen yang diminum dapat meningkatkan penyembuhan luka, meningkatkan elastisitas kulit, kepadatan kolagen dermal, dan tingkat hidrasi kulit, serta memperlambat penuaan kulit.

BACA JUGA  Kanker Lidah Ternyata Bisa Menyerang Tubuh yang Sehat

minuman kolagen

Studi klinis yang dilakukan oleh beberapa merk juga menemukan hasil yang serupa. Sebuah studi yang mengevaluasi efek suplemen Pure Gold Collagen menemukan bahwa mengonsumsi 50 mL suplemen selama dua bulan dapat mengurangi kerutan, kekeringan, dan kedalaman lipatan nasolabial (garis tawa) dan melawan tanda-tanda penuaan kulit.

Berdasarkan temuan tersebut, mengonsumsi suplemen kolagen dapat memiliki beberapa manfaat.

Manfaat Minuman Kolagen

1. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Mengkonsumsi minuman kolagen memastikan kulit tetap lembab dan tidak kering. Kulit yang terhidrasi tetap kencang serta tidak mudah kendur.

2. Menjaga Kesehatan Sendi

Usia mempengaruhi kesehatan tulang dan sendi. Seiring bertambahnya usia, lutut dan persendian mungkin berderit dan menyebabkan rasa sakit. Kolagen juga ditemukan di persendian dan ligamen tubuh. Minum suplemen kolagen menjaga kesehatan sendi dan ligamen. Mereka mendukung otot dan tendon untuk menjaga mobilitas dan kesehatan keseluruhan organ dan jaringan internal.

3. Menjaga Kuku dan Rambut Tetap Sehat

Asam amino juga ada di rambut dan kuku. Kolagen tidak lain adalah sekelompok asam amino dan membantu menjaga rambut dan kuku tetap kuat. Karena kekurangan nutrisi atau faktor-faktor tertentu yang mendasari, terkadang rambut menjadi rontok atau kuku terasa lemah. Minum suplemen kolagen dapat memastikan kuku dan rambut tetap sehat. Namun, konsultasikan dengan dokter untuk memastikan Anda tidak memiliki kekurangan lain, yang juga dapat mempengaruhi kesehatan kuku dan rambut.

minuman kolagen

Peningkatan kadar kolagen dalam tubuh dapat memberi kulit yang sehat dan kencang serta membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Bisakah Minum Kolagen Untuk Kulit Membantu Terlihat Lebih Muda?

Ya. Kolagen dapat membantu menjaga integritas kulit dan menebus hilangnya kolagen akibat penuaan. Hal ini dapat membantu menjaga penampilan awet muda. Meskipun tidak ada yang dapat membuat terlihat awet muda selamanya, kolagen akan membantu mempertahankan kulit yang sehat.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTsunami Nontektonik Mengancam 4 Wilayah di Indonesia
Artikel berikutnyaUstaz Chaniago Diserang Seorang Pria Saat Ceramah di Batam