Beranda TEKNOLOGI Berikut Tips Bijak Pakai PayLater saat Diskon Akhir Tahun

Berikut Tips Bijak Pakai PayLater saat Diskon Akhir Tahun

PayLater
Foto: JAwapos
PayLater kini menjadi metode pembayaran yang kian diminati bahkan jadi primadona. Kemudahan, kecepatan, dan kepraktisan yang diberikan, membuat banyak orang jatuh cinta dengan metode pembayaran ini, sehingga tak ayal e-commerce besar seperti JD.ID pun menghadirkan sistem pembayaran JD.ID PayLater.

Namun, di samping kepraktisan dan kemudahan yang ada, PayLater bukanlah dana tambahan yang bisa Anda gunakan semena-mena. Karena Anda akan tetap dibebani tagihan di bulan depan yang wajib dibayarkan.

Apalagi di musim diskon seperti sekarang, dengan godaan banyaknya tawaran menarik yang diberikan, Anda harus lebih bijak menggunakan PayLater. Agar tidak keliru memanfaatkan fitur pembayaran satu ini, yuk simak ulasan tipsnya, dikutip dari kumparan!

Ketahui kemampuan bayar

Ya, hal pertama yang perlu dipertimbangkan saat hendak memanfaatkan fitur PayLater, adalah kemampuan Anda dalam membayar. Sebab, seperti disinggung sebelumnya, PayLater hanya sebatas alat pembayaran dan bukan uang tambahan.

Artinya, pemanfaatan alat bayar ini perlu disesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda, di samping kebutuhan. Bukan menuruti keinginan atau untuk memenuhi gaya hidup belaka.

Apabila Anda tergiur menggunakan limit JD.ID PayLater untuk belanja diskon akhir tahun, jangan langsung gerak cepat untuk checkout barang, meski limit sudah mencukupi. Alangkah lebih bijak jika Anda mengetahui kemampuan bayar Anda setiap bulannya.

Misalnya, gaji Anda Rp4 juta, 50 persen gaji sudah disisihkan untuk kebutuhan sehari-hari, 20% gaji wajib masuk ke tabungan, lalu sisa 30 persen ni (Rp1,2 juta) adalah jumlah maksimal cicilan yang bisa Anda bayar.

Memaksakan cicilan per bulan dalam nominal yang tidak sesuai dengan kemampuan bayar, hanya akan menambah beban keuangan Anda. Tagihan Anda bisa macet, dan utang menjadi bertumpuk.

BACA JUGA  Kecanduan Gadget dan Cara Melepaskannya

Utamakan kebutuhan

Langkah bijak berikutnya yang perlu dilakukan saat hendak menggunakan fitur PayLater ialah menetapkan orientasi belanja pada kebutuhan. Anda dapat mempertimbangkannya dengan skala prioritas.

Misalnya saja, sebelum memutuskan membeli gadget gahar keluaran teranyar, sepatu, atau barang sekunder lainnya yang didiskon pada akhir tahun, lebih baik catat apa saja barang-barang yang memang sudah waktunya Anda beli.

Terkadang, hal-hal seperti mengganti ban atau velg motor yang umurnya sudah tahunan, mengganti shower kamar mandi yang mulai karatan, atau upgrade kasur yang pegasnya sudah rusak menjadi lebih penting keimbang sejumlah item yang bisa menunjang gaya.

Biasanya, hal-hal seperti ini bukan menjadi top of mind Anda ketika berburu diskon pada akhir tahun. Karena itu, coba cek ulang barang apa saja yang benar-benar perlu dibeli saat berburu diskon akhir tahun, jangan sampai keinginan mengalahkan kebutuhan, ya!

Pilih fintech dengan bunga ringan

E-commerce besar seperti JD.ID, biasanya bekerja sama dengan beberapa fintech. Namun, jangan lupa untuk memilih fintech rekanan yang memiliki bunga yang ringan. Salah satu fintech dengan bunga ringan yang bisa digunakan untuk pembayaran JD.ID PayLater adalah Kredivo.

Anda bisa lebih berhemat dengan memilih Kredivo sebagai fintech rekanan JD.ID. Hal ini bisa membuat Anda mengantongi lebih banyak keuntungan saat momen belanja akhir tahun.

Pasalnya, dengan memanfaatkan Kredivo sebagai pembayaran JD.ID PayLater, Anda akan mendapatkan layanan yang #Sefleksibelitu, mulai dari bunga 0 persen untuk pembayaran dalam 30 hari, dan tenor 3 bulan, serta bunga rendah hanya 2,6 persen per bulan, dengan tenor 6 bulan dan 12 bulan.

Memanfaatkan semua promo yang tersedia

Hal penting terakhir dan yang tak boleh terlupakan saat belanja barang di akhir tahun pastinya adalah memanfaatkan promo yang tersedia. E-commerce seperti JD.ID, biasanya akan mengadakan diskon besar-besaran pada akhir tahun nanti, yang lazim dimulai pada bulan Oktober, dan bertepatan pada tanggal kembar, yaitu 10.10, 11.11 dan 12.12.

BACA JUGA  NASA: Alien Dapat Ditemukan dengan Polusi

Namun, tidak hanya JD.ID saja yang memberikan promo menarik, Kredivo yang bisa Anda gunakan untuk pembayaran JD.ID PayLater juga menawarkan diskon yang dapat dikombinasikan dengan diskon dari JD.ID.

Promo yang diberikan Kredivo antara lain berupa cicilan 0 persen untuk tenor 6 bulan, serta gratis satu kali cicilan, dengan minimal pembelanjaan Rp5 juta untuk tenor 12 bulan. Belanja barang ori di JD.ID pun jadi lebih hemat, praktis, dan #Sefleksibelitu jadinya.

Meski begitu, tetap jangan tergesa-gesa dan mengikuti hawa nafsu untuk membeli barang yang Anda inginkan, terlebih saat berniat menggunakan metode bayar PayLater. Pastikan dulu berapa kemampuan bayar Anda, utamakan kebutuhan, dan selalu bijak dalam mengambil utang, ya!

Facebook Comments

Artikulli paraprakWhatsApp Tidak Bisa Digunakan Lagi di iPhone Ini Mulai 24 Oktober 2022
Artikulli tjetërUsai Menyerang Warga Bogor, 4 Remaja Diduga Gengster Ditangkap