Beranda INTERNASIONAL Biden: AS Akan Bantu Taiwan Jika China Menyerang

Biden: AS Akan Bantu Taiwan Jika China Menyerang

taiwan china
Presiden Joe Biden mengatakan AS akan membela Taiwan jika China menyerang, yang tampaknya menyimpang dari kebijakan lama.

“Ya, kami memiliki komitmen untuk melakukan itu,” katanya ketika ditanya di balai kota apakah AS akan membela Taiwan.

Namun juru bicara Gedung Putih kemudian mengatakan kepada beberapa media AS bahwa pernyataan itu tidak menandakan perubahan kebijakan.

Taipei bereaksi dengan mengatakan pernyataan Biden tidak akan mengubah posisi mereka sehubungan dengan China.

AS telah lama mempraktikkan “ambiguitas strategis” dalam hal masalah pelik dalam membela Taiwan.

taiwan china

Ini berarti AS sengaja memberi pendapat ambigu tentang apa yang akan mereka lakukan jika China menyerang pulau itu.

China melihat Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri, yang mungkin akan diambil kembali dengan paksa suatu hari nanti jika perlu, sedangkan Taiwan mengklaim bahwa mereka adalah negara berdaulat.

AS tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Taipei, tetapi menjual senjata ke negara sebagai bagian dari Undang-Undang Hubungan Taiwan, yang menyatakan bahwa AS harus membantu pulau itu mempertahankan diri.

Kantor kepresidenan Taiwan menanggapi pernyataan Biden dengan mengatakan tidak akan menyerah pada tekanan atau “maju terburu-buru” ketika mendapat dukungan.

china taiwan

“Kami akan menunjukkan tekad yang kuat untuk membela diri,” kata juru bicara kepresidenan Xavier Cheng, yang juga mengakui dukungan terus-menerus dari pemerintahan Biden.

Ketegangan meningkat antara Taipei dan China dalam beberapa pekan terakhir setelah Beijing menerbangkan puluhan pesawat tempur ke zona pertahanan udara Taiwan.

Biden menambahkan bahwa dia tidak khawatir tentang konflik dengan China, dan mengatakan tidak perlu “khawatir tentang apakah mereka akan menjadi lebih kuat” karena “China, Rusia, dan seluruh dunia tahu kita merupakan militer paling kuat dalam sejarah dunia”.

BACA JUGA  Update Jadwal M2 World Championship 2 Perwakilan Indonesia

taiwan china

“Apa yang harus Anda khawatirkan adalah apakah mereka (China) akan terlibat dalam kegiatan yang akan menempatkan mereka pada posisi di mana mereka dapat membuat kesalahan serius,” katanya.

Ketika ditanya untuk kedua kalinya oleh Anderson’s Cooper dari CNN tentang apakah AS akan membela Taipei jika terjadi serangan oleh China, Biden kembali menjawab dengan setuju.

Seorang juru bicara Gedung Putih kemudian berusaha untuk mengklarifikasi komentar Biden kepada media AS, dengan mengatakan AS “tidak mengumumkan perubahan apa pun dalam kebijakan kami dan tidak ada perubahan dalam kebijakan kami”.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaAyu Azhari Angkat Kuliner Nusantara Dengan Merilis Lagu
Artikel berikutnyaCo.Fit Footwear, UMKM Lokal Surabaya Pantang Menyerah Hadapi Pandemi