Iklan
Iklan

BMKG: Gempa Berkekuatan 8,7 Magnitudo Picu Tsunami Setinggi 30 Meter di Jawa Timur

- Advertisement -
BMKG mengungkapkan skenario terburuk terjadinya gempa berkekuatan 8,7 magnitudo di provinsi Jawa Timur bisa memicu tsunami setinggi 30 meter. Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan haal ini terjadi karena terdapat tren peningkatan gempabumi di berbagai daerah.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan pantauan ini mulai dilakukan setelah terjadinya dua kali gempa di Jawa timur dalam tahun ini.

“Jadi memang sejak awal tahun kami melakukan, sebelum ada kejadian gempa di Jawa Timur yang sudah dua kali ini, tepatnya akhir tahun kami melakukan evaluasi di wilayah Indonesia ini mengalami peningkatan kejadian gempa bumi di beberapa daerah,” ujar Dwikorita dalam webinar kajian dan mitigasi gempabumi dan tsunami di Jawa Timur pekan ini.

Dwikorita menyebut secara umum terjadi lompatan kejadian gempa di tanah air dengan berbagai magnitudo. Sejak tahun 2008, rata-rata kejadian 4.000-5.000. Namun, sejak 2017, jumlah kejadian menjadi lebih dari 7.000 kali.

Bahkan pada 2018, ungkapnya, terjadi peningkatan 11.900 kali dan masih bertahan di atas 11.000 di tahun 2019. Sedangkan pada 2020 masih di atas rata-rata 8.258.

Angka ini ditemukan dari evaluasi di beberapa klaster di wilayah Indonesia ini mengalami peningkatan kegempaan, terutama di Jawa Timur atau tepatnya lepas pantai selatan Jawa Timur dan juga klaster di selatan Selat Sunda, selatan Jawa Barat, kemudian juga selatan Jawa Tengah serta sebelah barat kepulauan Mentawai yang dapat berdampak ke Sumatera Barat.

“Fenomena itu yang saat ini sedang kami amati, kami analisis, dan ternyata di wilayah Jawa Timur itu pun juga mengalami peningkatan gempa-gempa kecil sebelum terjadinya gempa yang berkekuatan M 6.0 kemarin. Jadi kami sudah curiga sejak akhir tahun,” ujarnya.

Dari sekian ratus kali gempabumi, dia menjelaskan ada zona yang kosong alias seismic gap. Zona-zona kosong itu dikhawatirkan lantaran belum melepaskan energi sebagai gempa.

“Inilah yang kami jadikan skenario kita ambil kemungkinan magnitudo tertinggi ini juga berdasarkan kajian dari Pusat Studi Gempa Nasional kemungkinan gempa berkekuatan 8.7 magnitudo, dan itu yang menjadi dasar skenario untuk memprediksi kemungkinan terjadinya tsunami berapa ketinggian gelombang, kapan waktu datangnya, dan jarak masuknya berapa. Sehingga kami melakukan pemetaan bahaya tsunami juga,” jelasnya.

BMKG, menurut Dwikorita, juga melakukan pemetaan terhadap kabupaten yang berpotensi mengalami genangan tinggi akibat tsunami. Inilah perinciannya:

Pantai Teluk Sumbreng Trenggalek: 22 Meter (maksimal)

Pantai Popoh Tulung Agung: 30 Meter (maksimal)

Pantai Muncar Banyuwangi: 18 Meter (maksimal)

Pantai Pancer Banyuwangi: 12 Meter (maksimal)

Pantai Teluk Pacitan: 22 Meter (maksimal)

Pantai Pasirian Lumajang: 18 meter (maksimal)

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA