Beranda EKONOMI BRANDIQ Rilis Daftar 100 “Ecommerce” yang Berkembang pesat Saat Covid-19 Merebak

BRANDIQ Rilis Daftar 100 “Ecommerce” yang Berkembang pesat Saat Covid-19 Merebak

Ecommerce
Sumber: Teamwork.id
aCommerce, penyedia jasa dan solusi Ecommerce terpadu yang terkemuka di Asia Tenggara, merilis laporan “BrandIQ Flash Insights” tentang daftar 100 kategori Ecommerce yang paling berkembang pesat setelah Covid-19 merebak di Indonesia.

Diluncurkan pada 2018, BrandIQ merupakan solusi SaaS pertama yang membantu peritel dan merek dalam informasi produk, informasi saluran daring, serta menyajikan analisis terperinci atas aktivitas penjual, share of shelf, pangsa kategori, dan perbandingan pangsa pasar.

Virus korona telah meningkatkan penjualan Suplemen Makanan (+623%), sebab konsumen ingin menambah sistem kekebalan tubuhnya demi gaya hidup yang lebih sehat. Selama masa pandemi, pemerintah menutup pusat kebugaran sebagai tindak pencegahan Covid-19.

Ecommerce
BRANDIQ dari aCommerce merilis daftar 100 kategori “Ecommerce” yang paling berkembang pesat setelah Covid-19 merebak

Ketentuan pemerintah ini menciptakan permintaan tinggi atas alat olahraga di rumah. Hasilnya, pemasok alat-alat olahraga melalui internet mengalami lonjakan penjualan (+324%). Demi mengatasi stres akibat Covid-19, banyak warga Indonesia beralih ke binatang peliharaannya sebagai bentuk hiburan dan kesenangan.

Semakin banyak binatang peliharaan yang diadopsi di tengah pandemi, dan para pemilik lebih sering menghabiskan waktu dengan binatang peliharaannya. Secara keseluruhan, industri pakan binatang peliharaan mengalami pertumbuhan kuat (+263%).

Persediaan Medis (+220%) dan belanja barang-barang kebutuhan melalui internet pun melesat, terutama untuk mengisi waktu luang di rumah. Pertumbuhan ini juga dialami beberapa kategori produk lainnya, yakni Gadget dan Internet (+198%) dan Peralatan Perawatan Tubuh (+158%).

Ketika pandemi terus menimbulkan kendala, banyak warga Indonesia memilih menjalani rutinitas baru, termasuk lebih sering memasak di rumah sehingga mendorong permintaan atas peralatan memasak.

Pada bagian akhir, laporan tersebut juga menunjukkan lonjakan drastis atas Pakaian Perempuan (+99%). Orang tua gemar berbelanja untuk anak-anaknya, dan gerai-gerai daring saat ini menjadi lebih mudah diakses sehingga orang tua berbelanja lewat internet demi mengisi waktu luang.

BACA JUGA  Sinar Mas Agribusiness and Food Fokus dengan Program Ketahanan Pangan

“Banyak merek dagang yang menganggap data dan hasil analisis bisnis Ecommerce sangatlah penting. Namun, kemudahan mendapatkan akses data penjualan terkini, promosi dan analisis kompetisi akan menentukan kesuksesan bisnis Anda.” ujar Paul Srivorakul, Group CEO, aCommerce.

“Kami menyediakan data terpadu bagi berbagai merek agar mereka bisa mengoptimalkan bisnis Ecommerce dan otomatisasi proses yang menghemat biaya sekaligus meningkatkan omzet. Misalnya, ketika sebuah merek atau produk mulai mendapatkan omzet yang baik.

“Sistem kami segera menginformasikan tim pemasaran agar meningkatkan belanja iklan, lalu mengirimkan notifikasi kepada tim layanan pelanggan sehingga mereka meningkatkan aktivitas dukungan pelanggan, serta mengontak pihak pemasok untuk memesan barang dalam jumlah yang lebih banyak, dan menghubungi pihak logistik supaya mereka siap menangani kenaikan pesanan dari pelanggan,” jelasnya.

Source : aCommerce

Facebook Comments

Artikel sebelumyaInilah 5 Korban Tewas Akibat Ledakan Pabrik PT CAS di Gresik
Artikel berikutnyaAzis Syamsuddin Bungkam Usai Diperiksa KPK