Iklan
Iklan

Inggris Kembali Dalam Tekanan Kasus COVID-19

- Advertisement -
Pemerintah Inggris didesak oleh para ilmuwannya untuk kembali menerapkan pembatasan sosial dan mempercepat vaksinasi penguat karena tingkat infeksi virus corona, yang kini terus melonjak di Eropa.

Inggris mencatat 49.156 kasus baru COVID-19 pada Senin, jumlah terbesar sejak pertengahan Juli. Infeksi baru rata-rata 43.000 sehari selama seminggu terakhir, meningkat 15 persen dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

Dikutip dari Aljazeera, pekan lalu, Kantor Statistik Nasional memperkirakan bahwa satu dari 60 orang di Inggris memiliki virus, salah satu tingkat tertinggi yang terlihat selama pandemi.

Pada bulan Juli, pemerintah Perdana Menteri Boris Johnson mencabut semua pembatasan hukum yang telah diberlakukan lebih dari setahun sebelumnya untuk memperlambat penyebaran virus, termasuk penutup wajah di dalam ruangan dan aturan jarak sosial.

Klub malam dan tempat ramai lainnya diizinkan buka dengan kapasitas penuh, dan orang-orang tidak lagi disarankan untuk bekerja dari rumah jika memungkinkan. Hal itu tidak terjadi, namun justru infeksi tetap tinggi, dan baru-baru ini bahkan kembali meningkat.

Termasuk dengan rawat inap dan kematian, yang rata-rata lebih dari 100 per hari – jauh lebih rendah daripada ketika kasus terakhir setinggi ini, sebelum sebagian besar penduduk divaksinasi, tetapi masih terlalu tinggi, kata kritikus pemerintah.

Ada yang mengatakan warga Inggris terlalu cepat untuk kembali ke perilaku pra-pandemi. Masker dan jarak sosial hilang di sebagian besar pengaturan di negara itu, termasuk sekolah, meskipun bagian lain tetap sedikit lebih ketat. Bahkan di toko-toko, di mana masker direkomendasikan, dan di jaringan transit London, di mana itu wajib, kepatuhan tidak merata.

Sebuah rencana untuk meminta bukti vaksinasi untuk menghadiri klub malam, konser dan acara massal lainnya di negara itu dibatalkan oleh pemerintah Konservatif di tengah penentangan dari para politisi, meskipun Skotlandia memperkenalkan program izin vaksin bulan ini.

Beberapa ilmuwan mengatakan faktor yang lebih besar adalah berkurangnya kekebalan. Program vaksinasi Inggris dimulai dengan cepat, dengan suntikan diberikan kepada orang tua dan rentan mulai Desember lalu. Itu berarti jutaan orang telah divaksinasi selama lebih dari enam bulan, dan penelitian menunjukkan perlindungan vaksin secara bertahap berkurang seiring waktu.

Jutaan orang di Inggris ditawari suntikan booster, tetapi para kritikus mengatakan program tersebut berjalan terlalu lambat. Dan sementara hampir 80 persen orang di atas 12 tahun divaksinasi lengkap, jumlah dosis yang diberikan setiap hari telah menurun tajam.

Inggris juga menunggu lebih lama daripada Amerika Serikat dan banyak negara Eropa untuk memvaksinasi anak-anak berusia 12-15 tahun, dan sebagian besar di kelompok usia itu masih belum menerima suntikan mereka.

“Sangat penting kita mempercepat program booster,” kata ahli epidemiologi Neil Ferguson, anggota Kelompok Penasihat Ilmiah untuk Keadaan Darurat pemerintah.

Ferguson mengatakan salah satu faktor yang mempengaruhi jumlah kasus yang tinggi di Inggris adalah bahwa ia sangat bergantung pada vaksin AstraZeneca, “dan, sementara itu melindungi dengan sangat baik terhadap hasil COVID yang sangat parah, itu melindungi sedikit kurang baik daripada Pfizer terhadap infeksi dan penularan, terutama di wajah varian Delta”.

Dia juga mencatat bahwa “sebagian besar negara Eropa Barat telah menerapkan lebih banyak tindakan kontrol, mandat vaksin, mandat mengenakan masker, dan cenderung memiliki jumlah kasus yang lebih rendah dan tentu saja bukan jumlah kasus yang naik secepat yang kita dapatkan.

“Tetapi pada akhirnya ini adalah keputusan kebijakan yang harus dibuat oleh pemerintah,” katanya kepada BBC.

Bulan lalu, perdana menteri mengatakan negara itu mungkin perlu beralih ke “Rencana B” – memperkenalkan kembali langkah-langkah seperti masker wajib dan membawa izin vaksin – jika kasus meningkat begitu tinggi di musim gugur dan musim dingin sehingga sistem kesehatan berada di bawah tekanan yang intens.

Untuk saat ini, pemerintah mengatakan tidak akan mengubah arah.

Juru bicara Johnson, Max Blain, mengatakan, “Kami selalu tahu beberapa bulan ke depan akan penuh tantangan.” Namun dia mengatakan pemerintah berusaha melindungi “kehidupan dan mata pencaharian”.

“Karena perlindungan yang diberikan oleh program vaksinasi kami, kami dapat menjadi salah satu ekonomi paling terbuka di Eropa,” katanya. “Kami percaya pendekatan ini adalah yang tepat. Kami terus mereviewnya.”

Source: Aljazeera

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA