Iklan
Iklan

Bumi Berputar Lebih Cepat dari Biasanya, Ilmuwan Bingung!

- Advertisement -
Bumi berputar lebih cepat dari biasanya, sehingga menyebabkan hari terasa lebih pendek dari biasanya. Perubahan pada durasi rotasi bumi pada porosnya tersebut membuat para ilmuwan tercengang, bahkan mereka dibuat bingung.

Saat ini, bumi berputar lebih cepat dari pada setengah abad yang lalu, hal ini terungkap dari hasil pengukuran baru yang dilakukan oleh Laboratorium Fisika Nasional Inggris.

Pada tanggal 29 Juni, rotasi penuh Bumi membutuhkan waktu 1,59 milidetik kurang dari 24 jam, yang mana itu merupakan hari terpendek yang pernah tercatat.

Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa, jika kecepatan rotasi terus meningkat, orang-orang mungkin perlu menghilangkan satu detik dari jam atom.

“Jika rotasi cepat Bumi berlanjut, itu bisa mengarah pada pengenalan detik kabisat negatif pertama,” ujar Astrofisikawan Graham Jones dikutip dari TimeandDate.com.

“Ini akan diperlukan untuk menjaga waktu sipil yang didasarkan pada detak jam atom yang sangat stabil, sejalan dengan waktu matahari, yang didasarkan pada pergerakan Matahari melintasi langit,” lanjutnya.

“Detik kabisat negatif berarti jam kita melewati satu detik, yang berpotensi menimbulkan masalah bagi sistem TI.”

Beberapa ahli percaya pencairan dan pembekuan kembali lapisan es di gunung tertinggi di dunia dapat berkontribusi pada kecepatan yang tidak teratur. Para peneliti di Meta mengatakan lompatan kedua akan memiliki efek besar pada teknologi.

Tak hanya itu, hal tersebut juga akan menjadi masalah pelik untuk infrastruktur perangkat keras.

Sebuah postingan blog tentang topik tersebut, yang ditulis oleh peneliti Oleg Obleukhov dan Ahmad Byagowi, mengklaim jika dampak detik kabisat negatif bisa memberikan dampak buruk pada perangkat lunak tertentu.

“Dampak detik kabisat negatif belum pernah diuji dalam skala besar; itu bisa berdampak buruk pada perangkat lunak yang mengandalkan pengatur waktu atau penjadwal,” bunyi postingan tersebut.

“Bagaimanapun, setiap detik kabisat adalah sumber utama penderitaan bagi orang-orang yang mengelola infrastruktur perangkat keras.”

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA