Buruknya Penegakan Hukum Era Jokowi Dikritik Ganjar, Prabowo Hanya Tertawa

- Advertisement -

Buruknya penegakan hukum era Presiden Jokowi mendapat kritikan tajam oleh Ganjar Pranowo. Bahkan, capres PDIP ini memberi nilai 5 dari skala 1 sampai 10.

Rating penegakan hukum era Jokowi yang dinilai jeblok oleh Ganjar Pranowo membuat Calon Presiden Prabowo Subianto tertawa.

“Hahaha,” kata Prabowo ketika ditanya wartawan terkait rating penegakan hukum tersebut, di kawasan Lebak, Banten, Minggu 19 November 2023.

Namun, Prabowo tidak memberikan pernyataan lebih lanjut. Ia hanya memberikan gesture kedipan mata dan tertawa.

“Kalau terkait penegakan hukum, jeblok. Poinnya 5,” ujar Ganjar dalam diskusi yang digelar Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Negeri Makassar (UNM) di Hotel Four Points, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu 18 November 2023.

Ganjar juga menjelaskan penegakan terkait hukum sempat moncer di awal-awal kepemimpinan Jokowi. Namun tiba-tiba anjlok terutama usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait batas usia capres-cawapres.

“Kasus di MK yang kemarin itu menjadi jeblok. Karena dengan kejadian itu, persepsi publik hari ini jadi berbeda. Yang kemarin kelihatan tegas, hari ini dengan kejadian-kejadian terakhir jadi tidak demikian. Maka nilainya jeblok,” katanya.

Menurut Ganjar terjadi rekayasa dan intervensi dalam penegakan hukum. Ganjar menjadikan hal tersebut sebagai bahan peringatan agar hukum harus dijunjung tinggi.

Pernyataan Ganjar ini menjawab pertanyaan dari Akademisi Zainal Arifin Mochtar. Ganjar ditanya soal rapor penegakan hukum era Jokowi.

Seperti diketahui, MK sempat babak-belur lantaran putusan terkait batas usia capres-cawapres. MK mengabulkan WNI yang berusia di bawah 40 tahun bisa maju di Pilpres selama pernah terpilih sebagai pejabat publik melaui Pemilu.

Putusan itu juga berdampak pada pemakzulan Anwar Usman dari posisi Ketua MK. Anwar dinilai terlibat konflik kepentingan yang secara tidak langsung putusan tersebut menguntungkan  keponakannya, Gibran Rakabuming Raka secara instan.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA