Iklan
Iklan

Cara Mencegah Kaki Lecet Setelah Memakai Sepatu

- Advertisement -
Kaki lecet karena sepatu bisa menimbulkan rasa perih. Ini tentu membuat Anda menjadi tidak nyaman saat beraktivitas.

Nah, agar luka kaki lecet cepat pulih, dikutip dari VOI ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan. Anda juga perlu tahu cara mencegahnya supaya kaki Anda tidak lecet lagi.

Gunakan kaos kaki

Kaki lecet akibat penggunaan sepatu bisa dihindari dengan penggunaan kaos kaki. Melansir Huffpost, Jumat, 16 Desember, ahli podiatrist merekomendasikan untuk menghindari kaos kaki dengan bahan katun. Pasalnya, bahan katun menyerap lembab dan ini yang bisa sebabkan kaki jadi lecet atau melepuh. Sebaiknya, cari kaos kaki berbahan wol atau serat sintetis seperti nilon dan x-static. Jika kaki Anda mudah berkeringat, ahli juga menyarankan taburi bedak di kaki sebelum gunakan kaos kaki.

Hindari penggunaan sepatu sementara waktu

Jika sudah lecet, tentu saja Anda perlu menghindari penyebabnya. Ya, jangan menggunakan sepatu untuk sementara waktu. Cari alternatif seperti ankle-strap sandal yang punya model terbuka. Penting diingat, jika sepatu baru jadi penyebab kaki Anda lecet. Maka sebaiknya pakai sepatu tersebut hanya 30 menit tiap hari selama seminggu agar sepatu tidak terlalu kaku lagi.

Gunakan bantalan atau plester

Anda bisa menggunakan bantalan tambahan di sepatu untuk menjaga kaki dari gesekan, sehingga luka lecet dapat dicegah. Selain itu, Anda juga bisa menempelkan plester atau lakban kertas di atas tumit atau jari-jari kaki agar tidak lecet.

Pakai petroleum jelly

Sebelum memakai sepatu atau high heels, oleskan petroleum jelly di bagian kaki yang rentan lecet. Cara ini bisa mencegah luka akibat gesekan kulit dengan permukaan kasar.

Meski bukan tergolong berbahaya, kaki lecet karena sepatu perlu diatasi dengan benar supaya lukanya tidak semakin parah atau malah mengalami infeksi. Lakukan juga cara mencegahnya supaya kaki bebas lecet dan Anda bisa beraktivitas dengan leluasa.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA