Iklan
Iklan

Cara Mengganti Oli Mobil Sendiri di Rumah yang Benar dan Mudah

- Advertisement -

Oli menjadi salah satu komponen yang berperan penting pada performa kendaraan Anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk ganti oli mobil ataupun motor secara rutin. Agar tidak mempengaruhi kenyamanan saat berkendara.

Kali ini, kami akan menghadirkan informasi terkait cara mengganti oli mobil sendiri tanpa harus ke bengkel. Fungsinya, agar jika pada kondisi terdesak, Anda bisa ganti oli dan memastikan mesin kendaraan tetap bekerja secara prima.

Cara Mengganti Oli Mobil Sendiri di Rumah yang Benar dan Mudah

Banyak pemilik kendaraan yang masih menyepelekan perihal penggantian oli mobil. Padahal pengaruhnya sangatlah signifikan pada kinerja mesin dan berpengaruh pada kenyamanan saat berkendara. Nah, jika ingin mengganti oli mobil Anda juga harus memperhatikan merk serta kualitasnya. Oli merk Shell Helix 10w40 salah satu yang recommended.

Pelumas mesin sintetik dari Shell Helix ini didukung dengan active cleansing technology yang menjaga kebersihan mesin sehingga kinerjanya jadi efisien. Bukan hanya itu, dengan mengganti oli mobil Anda memakai pelumas ini, umur mesin mobil jadi lebih panjang. Produk ini bisa Anda dapatkan di Blibli. Selain dijamin original, dapatkan juga promo gratis ongkirnya!

Sekarang, kita kembali ke pembahasan awal yaitu cara ganti oli mobil secara mandiri. Anda bisa ikuti panduan di bawah!

1. Perkakas

Pertama, Anda harus mempersiapkan perkakas atau peralatan yang dibutuhkan ketika mengganti oli. Beberapa diantaranya yaitu seperti dongkrak, corong, wadah untuk menampung oli bekas, kunci pas, pompa, dan pastinya oli baru. Gunakan oli sesuai tipe mesin mobil Anda. Shell Helix 10W40 adalah salah satu yang cocok bagi mobil berbahan bakar bensin.

2. Memanaskan Mesin

Ketika akan ganti oli sendiri, pastikan suhu mesin mobil Anda tidak kurang dari 35 derajat Celcius. Mesin yang dalam kondisi hangat akan membuat kotoran tercampur ke dalam oli, sehingga akan ikut terbuang ketika Anda menggantinya.

3. Buat Posisi Mobil Lebih Tinggi

Agar memudahkan proses penggantian oli, buat posisi mobil Anda sedikit lebih tinggi menggunakan bantuan dongkrak. Dengan posisi tersebut, Anda bisa memastikan tidak ada sisa oli bekas yang tertinggal.

4. Buka Baut dan Filter

Selanjutnya silakan buka baut penguras menggunakan kunci pas untuk menguras oli bekas. Jangan lupa juga untuk melepas filter oli. Tujuannya adalah menghindari risiko kebocoran dan memastikan kondisi filter. Ganti filter oli jika sudah terlihat kotor, agar oli baru tidak tercampur kotoran.

Letakkan wadah penampungan di bawah mesin dan kuras oli bekas hingga benar-benar tidak bersisa. Anda bisa memastikan dengan memompa udara di saluran pengisian oli, jika sudah tidak menetes artinya telah bersih.

Kemudian, pasang kembali baut penguras dan juga filter. Lakukan dengan hati-hati dan benar agar tidak menyebabkan kebocoran saat sudah diisi kembali. Gunakan corong untuk menuang oli baru, perhatikan batas maksimal pengisian. Jangan sampai berlebihan, tetapi juga jangan terlalu sedikit agar performa mesin bisa maksimal.

5. Panaskan Mesin

Apabila oli baru sudah selesai dituang, tutup knop pengisian dengan baik, berikut juga kap mobil Anda. Jangan lupa untuk memanaskan mesin mobil setidaknya selama lima menit. Setelahnya, baru Anda bisa mengendarai mobil tersebut seperti biasa.

Bagaimana, sudah paham dengan cara mengganti oli mobil mandiri di atas? Jangan lupa untuk mengganti oli dalam kurun waktu tiga sampai enam bulan. Namun, jika sebelum tiga bulan mobil sudah melewati jarak tempuh hingga 5000 km lebih maka sudah bisa ganti oli. Gunakan oli dari Shell Helix dan beli hanya di Blibli. Barangnya lengkap, original, murah, dan gratis ongkir!

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA