Beranda GAYA HIDUP Cara Menghilangkan Bau Mulut karena Behel

Cara Menghilangkan Bau Mulut karena Behel

Bau Mulut
Kawat gigi memang berguna untuk struktur gigi yang lebih rapi. Sayangnya, penggunaan kawat gigi bisa memberikan efek samping bau mulut. Jangan khawatir, ada beragam cara menghilangkan bau mulut karena behel yang bisa Anda lakukan. Simak penjelasannya di sini.

Pengguna behel atau kawat gigi memang lebih rentan mengalami bau mulut. Pasalnya, sisa-sisa makanan bisa dengan mudah tersangkut di ruang kecil antara behel dan gigi. Jika sisa-sisa makanan ini tidak dibersihkan dengan benar, bakteri bisa menumpuk dan menghasilkan bau mulut yang tidak sedap (halitosis).

Cara Menghilangkan Bau Mulut karena Behel

Sebagai alat bantu perawatan gigi, bahan yang digunakan sebagai kawat gigi sendiri sebenarnya tidak menimbulkan bau yang mengganggu. Sebagian besar kawat gigi terbuat dari bahan logam, plastik, atau keramik yang diperuntukkan khusus bagi orang dewasa. Jelas bahwa bahan-bahan tersebut tidak meninggalkan bau khas.

Bau Mulut

Jadi, yang perlu diperhatikan bagi pengguna behel adalah perawatan gigi itu sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah bau mulut selama menggunakan behel:

1. Bersihkan gigi dengan teliti

Agar gigi bebas dari sisa-sisa makanan, Anda harus teliti dalam membersihkan seluruh bagian dari kawat gigi dan permukaan gigi. Anda disarankan untuk menyikat gigi setiap selesai makan atau minimal 2 kali sehari, selama ± 2 menit.

Ini adalah cara menyikat gigi yang benar untuk pengguna kawat gigi:

  • Kumur dengan air guna melunakkan sisa-sisa makanan pada gigi.
  • Sikat gigi secara menyeluruh, mulai dari sisi depan dan samping, sisi kunyah atas dan bawah, serta sisi dalam.
  • Sikat sela-sela antara bracket dan gigi, baik sisi atas maupun bawah, dengan sudut 45°.
  • Sikat juga area gusi yang bertemu dengan gigi, dengan sudut 45°.
  • Kumur dengan air hingga bersih.
  • 2. Gunakan sikat gigi yang tepat
BACA JUGA  Kolaborasi Colorbox Bareng Dinda Puspitasari Hasilkan Koleksi "Girl Empowerement".

Pengguna kawat gigi dapat menggunakan sikat gigi seperti biasa, tetapi pilihlah sikat gigi yang berbulu lembut. Selain itu, Anda juga bisa meminta ke dokter gigi sikat khusus kawat gigi yang mampu membersihkan kotoran di sela-sela kawat gigi dengan lebih baik.

Anda juga disarankan untuk menggunakan benang gigi atau dental floss jika terdapat lokasi di dalam mulut yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

3. Gunakan pasta gigi dan obat kumur ber-fluoride

Selama menggunakan kawat gigi, usahakan juga untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Pasalnya, kandungan fluoride bisa membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut dan gigi berlubang.

Bila perlu, gunakan juga obat kumur antibakteri untuk membantu menyegarkan mulut dan membersihkan sisa-sisa makanan hingga ke sela-sela gigi. Utamakan menggunakan obat kumur yang juga mengandung fluoride.

4. Bersihkan lidah dengan teratur

Membersihkan lidah secara teratur juga bisa mencegah Anda mengalami bau mulut. Anda bisa membersihkan lidah dengan sikat khusus untuk membantu menghilangkan sisa makanan dari mulut.

Selain dengan sikat khusus, Anda juga bisa menyikat permukaan atas dan samping lidah dengan sikat gigi biasa dari depan ke belakang. Namun ingat, lakukan hal ini dengan perlahan karena Anda bisa tersedak.

5. Konsumsi makanan bergizi

Menghilangkan bau mulut karena behel juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, makanan olahan laut, dan oatmeal.

Sebaliknya, hindari mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula dan bertekstur lengket, seperti ketan, moci, marshmallow, dodol, atau permen karet. Makanan-makanan tersebut sulit untuk dibersihkan sehingga berpotensi menyebabkan penumpukan bakteri. Hal ini pada akhirnya bisa membuat mulut menjadi bau.

BACA JUGA  Inilah Brand Hijab Asli Indonesia Incaran Hijabers

Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air putih, karena minum air dapat membantu menyingkirkan sisa-sisa makanan di mulut, sekaligus menghindarkan mulut kering yang juga dapat menjadi pemicu bau mulut.

Memakai behel seharusnya menjadikan gigi Anda rapi dan lebih indah. Namun, jangan sampai behel menjadi tempat penumpukan sisa makanan. Tidak hanya membuat bau mulut, hal ini juga bisa menyebabkan banyak masalah gigi lainnya, seperti gigi berlubang.

Cobalah untuk menerapkan berbagai cara menghilangkan bau mulut karena behel seperti yang telah dipaparkan di atas. Dengan begitu, kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut Anda akan tetap terjaga meski menggunakan kawat gigi.

Periksakan juga kondisi gigi Anda secara teratur ke dokter gigi selama menggunakan behel. Umumnya pemeriksaan dilakukan setiap 1 bulan sekali atau bisa lebih cepat jika ada keluhan. Tanyakan kepada dokter gigi Anda mengenai jadwal kunjungan selanjutnya pada tiap akhir sesi konsultasi.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaCara Dapatkan Pinjaman dari Pemerintah Hingga Rp 100 Juta Tanpa Jaminan
Artikel berikutnyaKasus Penembakan Wartawan Media Online di Simalungun Hingga Kini Masih Jadi Misteri