Beranda INFO SEHAT Sayur Kangkung dan 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Sayur Kangkung dan 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Sayur Kangkung
Sayur kangkung dikenal mengandung ragam vitamin dan mineral penting untuk kesehatan. Sayuran yang mudah ditemui di pasar dengan harga terjangkau.

Sebagian orang selama ini hanya mengenal sayur kangkung dapat menimbulkan kantuk. Padahal, kandungan serat, vitamin A, vitamin C, kalium, zat besi, kalsium, fosfor, dan senyawa antioksidan di dalam kangkung dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Jangan Sepelekan Manfaat Kangkung

Sama seperti sayuran berdaun hijau lainnya, manfaat sayur kangkung untuk kesehatan ada banyak. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Menjaga kesehatan mata

Konsumsi kangkung dapat membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini karena kandungan beta karoten yang cukup tinggi pada kangkung berperan dalam melindungi sel-sel mata dari kerusakan. Selain itu, beta-karoten merupakan bahan baku vitamin A dalam tubuh.

Vitamin A berperan penting dalam menjaga kejernihan kornea mata. Vitamin ini juga merupakan komponen penting dalam pembentukkan rhodopsin, yaitu protein mata yang berfungsi untuk ketajaman penglihatan di tempat yang minim cahaya.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Vitamin A dan C dalam kangkung juga mampu meningkatkan imunitas tubuh. Kedua vitamin ini diketahui turut terlibat dalam aktivasi sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi. Selain itu, aktivitas antioksidan dari vitamin A dan C juga dapat melindungi sel-sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Melawan radikal bebas

Selain dari vitamin A dan vitamin C, kangkung juga mengandung berbagai macam senyawa tanaman dengan aktivitas antioksidan, misalnya falvonoid, asam palmitat, dan phytol.

Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas yang bisa menjadi penyebab kerusakan DNA, sel, jaringan, dan bahkan organ tubuh. Jika dibiarkan, radikal bebas berlebih dalam tubuh bisa memicu beragam penyakit serius, seperti diabetes dan kanker.

BACA JUGA  Orang Positif Covid-19 dan Bergejala Tidak Disarankan Berpuasa

4. Mengatur keseimbangan cairan

Orang dewasa membutuhkan kalium sekitar 3.500–4.700 mg per hari. Guna memenuhinya, Anda perlu untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti kangkung.

Kalium dibutuhkan tubuh untuk beragam fungsi. Salah satunya adalah membantu mengatur keseimbangan cairan tubuh. Selain itu, kangkung juga termasuk sayuran dengan kadar air yang tinggi, bahkan bisa lebih dari 90%.

5. Menurunkan tekanan darah

Kangkung bisa menjadi salah satu makanan penakluk tekanan darah tinggi. Manfaat kangkung yang satu ini didapatkan dari kandungan kaliumnya yang mampu mengatur dan menurunkan tekanan darah.

Namun, kandungan kalium pada kangkung tidak tinggi, sehingga Anda perlu mengonsumsi makanan tinggi kalium lainnya untuk mencukupi kebutuhan kalium harian. Contohnya adalah buah bit, ubi, kentang, alpukat, bayam, kale, dan pisang

Itulah manfaat sayur kangkung yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Sayur ini dapat diolah dengan berbagai cara, seperti ditumis, direbus, atau dicampur ke dalam jus sayur dan buah yang Anda sukai.

Sebelum mengolah sayur kangkung, jangan lupa untuk mencucinya dengan air mengalir agar kotoran atau pestisida dan bakteri yang menempel dapat luruh terbawa air.

Meski manfaat kangkung ada banyak, mengonsumsi berbagai variasi makanan sehat adalah pilihan yang lebih baik. Jadi, konsumsilah kangkung bersama makanan bernutrisi lainnya, agar kebutuhan gizi harian Anda tercukupi dengan baik. Bila perlu, konsultasilah ke dokter untuk mengetahui kebutuhan nutrisi harian Anda.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaEuro 2020: Secara Mengejutkan Spanyol Ditahan Imbang Swedia
Artikel berikutnyaBahaya Penggunaan Opioid Jangka Panjang untuk Atasi Nyeri Kronis NonKanker