Iklan
Iklan

Debat Khusus Cawapres Ditiadakan KPU, Netizen: Gibran Takut Debat

- Advertisement -

Debat khusus Cawapres ditiadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Format debat capres-cawapres peserta pemilu 2024 dirombak oleh KPU dan berbeda dengan Pilpres 2019.

Pada Pilpres 2024 ini tidak ada debat khusus cawapres. Format baru ini langsung ditanggapi calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Dia mempertanyakan alasan KPU mengubah format debat tersebut.

Ia menyesalkan hal itu lantaran debat khusus cawapres menjadi ajang kandidat untuk adu gagasan dalam memimpin lima tahun ke depan.

“Saya belum tahu maksudnya apa kok perubahan itu terjadi, tentu kita menyesal itu terjadi. Tidak seperti 5 tahun yang lalu. Kalau Pemilu ini mau baik ya kita adu gagasan, adu program, adu ide,” ujar Cak Imin, Jumat (1/12/2023).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sekaligus cawapres pendamping Anies Baswedan itu berharap KPU tetap menggunakan format debat seperti Pilpres 2019.

Sementara itu, cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, mengaku tidak mempersoalkan perubahan format tersebut. Bagi dia, apa pun formatnya, semua calon pemimpin harus siap dan mematuhi aturan yang ada.

“Saya siap debat khusus maupun tidak khusus, namanya calon pemimpin harus siap. Kalau ditiadakan atau tidak diadakan ya terserah KPU saja kan mereka yang atur, saya ndak,” ujar Mahfud MD.

Sebelumnya KPU telah menetapkan format debat Pilpres 2024. Dalam lima kali debat yang digelar KPU, semua pasangan capres-cawapres akan hadir secara bersamaan.

Tidak ada gelaran debat khusus yang dihadiri hanya oleh capres saja atau cawapres saja.

“Lima kali debat itu pasangan calon semuanya hadir. Hanya saja, proporsi bicaranya yang berbeda. Pada saat debat capres, maka proporsinya capres untuk bicara lebih banyak. Ketika debat cawapres proporsinya untuk cawapres lebih banyak,” ujar Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

Sementara itu, pada debat Pilpres 2019, ada debat khusus diperuntukkan bagi cawapres saja.

Hal ini tentu saja menuai sorotan netizen, banyak yang menyebut Gibran Rakabuming takut debat.

“Mas gibran takut ta?” tanya @janhendrik.

“Haha Gibran takut ya?” tanya @muhfirmansyah.

“Gibran takut debat sendirian nggak ada yang bantu,” tambah @inspiratiion.id.

“Ini cari aman buat Paslon dua ya sepertinya,” tambah @abdurrahman_photography.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA