Beranda INTERNASIONAL Ditemukan Virus Corona Berasal dari Kepala Babi dan Makanan Laut

Ditemukan Virus Corona Berasal dari Kepala Babi dan Makanan Laut

Hingga kini peneliti masih terus mencari tahu asal-usul dari virus corona yang menyebabkan pandemi Covid-19

Virus Corona
WHO mengatakan bahwa virus corona bukan berasal dari pasar basah. Tapi, dilansir dari SCMP, otoritas kesehatan China berulang kali mengatakan mereka menemukan virus Covid-19 pada impor makanan beku dan telah mengaitkan infeksi di negara itu dengan kepala babi dan makanan laut.

Meskipun beberapa peneliti dan otoritas kesehatan telah mempertanyakan tentang makanan beku sebagai rute penularan virus corona, Beijing telah menangguhkan impor produk dan menerapkan pemeriksaan, pengujian, dan desinfeksi kemasan dan kontainer.

Aturan itu menciptakan penundaan yang menyumbat pelabuhan dan mengganggu mitra dagang.

Beberapa ilmuwan top China kemudian menyarankan bahwa virus Corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 mungkin telah tiba di Pasar Grosir Makanan Laut Huanan di kota Wuhan, lokasi wabah pertama yang diketahui di dunia, melalui impor makanan beku, atau yang disebut sebagai transmisi rantai dingin.

Teori itu ditampilkan secara menonjol dalam konferensi pers di Wuhan pada hari Selasa, di mana tim internasional spesialis WHO mempresentasikan temuan penyelidikan selama sebulan tentang asal-usul virus bersama pejabat China.

“Sars-CoV-2 dapat bertahan dalam kondisi yang ditemukan dalam makanan beku, kemasan dan produk rantai dingin,” kata Liang Wannian, pejabat Komisi Kesehatan Nasional yang memimpin misi di sisi China.

Liang juga menyarankan virus itu mungkin telah menyebabkan infeksi di luar negeri sebelum wabah di Wuhan tetapi mereka tidak diidentifikasi.

Beijing telah berulang kali menekankan sepanjang tahun lalu bahwa hanya karena virus itu pertama kali terdeteksi di Wuhan, mungkin itu bukan tempat kemunculannya.