Doni Salmanan Akhirnya Dimiskinkan dan Dipidana 8 Tahun Penjara

- Advertisement -
Eks crazy rich Bandung, Doni Salmanan akhirnya dimiskinakan oleh Pengadilan Tinggi (PT) Bandung, Jawa Barat. Hukumannya yang awalnya divonis 4 tahun menjadi delapan tahun penjara.

Doni Salmanan yang merupakan terdakwa kasus penipuan platform investasi Binary Option Quotex, hukumannya diperberat setelah putusan banding yang membatalkan putusan Pengadilan Negeri Bale Bandung Nomor 576/Pid.Sus/2022/PN Blb tanggal 15 Desember 2022.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama delapan tahun dan pidana denda sebesar Rp 1 miliar, dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama enam bulan,” sebagaimana putusan PT Bandung, Rabu (22/2/2023).

Pengadilan Tinggi Bandung juga menyatakan, Doni Salmanan terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Sehingga aset-aset yang dimiliki Doni akan dirampas untuk negera.

Aset-aset yang dirampas untuk negara itu di antaranya berupa barang-barang mewah, kendaraan mewah, uang tunai, dan rumah mewah yang dimiliki Doni.

“Barang bukti poin 33 sampai dengan poin 136 dirampas untuk negara,” demikian bunyi putusan hakim.

Seluruh aset kekayaan itu disita untuk negara, karena hakim berpendapat harta milik Doni dihasilkan dari keuntungan tindak pidana.

“Majelis Pengadilan Tinggi berpendapat harta-harta tersebut berasal dari keuntungan ekonomi yang diperoleh baik secara langsung maupun tidak langsung dari tindak pidana,” sebagaimana pertimbangan hakim.

Dalam hal ini, Doni terbukti melanggar Pasal 45A ayat 1 Jo Pasal 28 ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan Pasal 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Hukuman ini lebih berat dari putusan pengadilan tingkat pertama, pada Pengadilan Negeri Bale Bandung. Doni saat itu divonis hukuman selama empat tahun penjara dan denda sebesar Rp 1 miliar. Bahkan PN Bale Bandung juga tidak mewajibkan Dobi untuk membayar ganti rugi kepada para korban binary option quotex, karena tidak terbukti bersalah sebagaimana dalam dakwaan kedua penuntut umum terkait tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Trending

Polling Capres

Vote Salah Satu Capres Idola Anda di Bawah Ini

Anies Baswedan
51.35%
Prabowo Subianto
32.53%
Ganjar Pranowo
16.12%

- Advertisement -
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Lowongan Kerja

Hot News

Independen Ekspos

.
Logo

PENTING UNTUK DIBACA