Iklan
Iklan

Doyan Seblak? 5 Hal Perlu Diperhatikan sebelum Membuatnya

- Advertisement -
Bagi para pecinta makanan pedas, nama seblak sudah tidak asing di telinga. Jajanan lokal khas Jawa Barat ini biasanya terdiri dari campuran kerupuk basah dengan telur, tulang ayam dan ceker, hingga potongan bakso serta sosis.

Meski sudah populer sejak 2016, kudapan ini kembali viral di media sosial setelah seorang influencer mengunggah cara membuat seblak tanpa menggunakan kompor. Hanya mencampurkan kerupuk basah dengan bumbu yang terdiri dari cabai, bawang putih, dan kencur, seblak sudah siap dinikmati.

Selain rasanya yang lezat, kuliner ini juga mudah dibuat. Tapi sebelum itu, yuk cek terlebih dahulu hal-hal di bawah ini, dikutip dari Kumparan pada 17 Juni.

5 Hal Penting sebelum Membuatnya

  1. Kencur adalah kunci

Salah satu ciri khasnya adalah rasa dan aroma kencur yang menggugah selera. Sensasi hangat dan sedikit pahit dari rempah ini juga memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan serta meredakan sakit tenggorokan, lho.

Tapi ingat, kamu cukup menggunakan kencur satu ruas jari saja ya! Bila terlalu banyak, rasa akan terlalu pahit dan mengurangi kenikmatannya.

  1. Rebus kerupuk terlebih dahulu

Alih-alih langsung memasukkan kerupuk mentah ke dalam wajan, kamu bisa merebusnya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar bahan makanan lain tidak kematangan karena menunggu kerupuk lembek.

  1. Bebas pilih: nyemek atau kuah

Konon, berasal dari Bahasa Sunda nyeblak atau yang berarti mengagetkan. Ada pula yang menyebutnya berasal dari kata ‘segak’ atau ‘nyegat’ yang artinya menyengat.

Ditilik dari asal-usul katanya, sensasi mengagetkan atau menyengat bisa jadi berasal dari kuahnya. Apalagi kini banyak dengan level kepedasan: makin tinggi levelnya, makin “mengagetkan” pula rasanya.

Selain disajikan bersama kuah, kudapan ini juga bisa disajikan nyemek atau setengah basah. Bila hendak membuat resep masakan ini, kamu cukup mencampurkan kerupuk yang telah direbus dengan bumbu yang telah diguyur minyak panas. Tidak perlu dimasak di kompor, ya!

  1. Hindari terlalu banyak topping untuk menjaga keautentikan rasa

Saat awal kemunculannya, kuliner ini hanya berisi kerupuk dan telur. Namun seiring waktu, seblak dicampur dengan berbagai macam topping, mulai dari ceker hingga bakso ikan beragam bentuk.

Nah, untuk menjaga keauntentikan rasa seblak itu sendiri, hindari mencampurkan kerupuk dengan berbagai bahan ya! Kamu cukup memilih 3-4 bahan makanan saja agar rasa seblak tetap khas.

  1. Minum Vegeta untuk cegah sembelit

Mengonsumsi seblak mungkin akan membuatmu sembelit karena ia mengandung minyak yang cukup banyak. Untuk menyiasatinya, jangan lupa masukkan sayur ke dalam seblak olahanmu.

Bila perlu, kamu juga dapat melengkapi kebutuhan serat dengan Vegeta Herbal dengan rasa anggur yang enak. Tak hanya menyegarkan, minuman ini juga mengandung 100 persen serat alami seperti Psyllium husk, Folium sennae, Rhei radix, dan Foeniculi fructus yang dapat membantu melancarkan buang air besar tanpa rasa kram dan mulas berlebihan.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA