Iklan
Iklan

DPRD DIY: Siswi Muslim Diminta Gurunya Berjilbab adalah Wajar, Jangan Kaitkan dengan Intoleransi

- Advertisement -
Siswi muslim diminta oleh gurunya untuk memakai jilbab adalah wajar, hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana. Terkait dengan viralnya kasus dugaan pemaksaan siswi untuk memakai jilbab di SMA N 1 Banguntapan Bantul.

“Peristiwa guru menyarankan berjilbab bagi siswi muslim menurut saya wajar, kalau pada siswa non muslim itu yang tidak boleh,” ujarnya.

Kasus yang mendapat perhatian dari banyak pihak ini ternyata berdampak memojokkan pihak guru sebagai pendidik. Menurut Huda Tri Yudiana hal ini tak perlu dibesar-besarkan.

“Masalah jilbab siswi SMA di Bantul jangan dibesar-besarkan. Dinas Dikpora sudah memberikan solusi yang baik, jika siswi tersebut tidak nyaman bersekolah difasilitasi untuk pindah sekolah,” ujar Huda Tri Yudiana, Rabu (3/8/2022).

Menurutnya, adalah hal yang wajar bagi seorang pendidik untuk menyarankan sesuatu yang baik pada muridnya. Ia menduga ada miskomunikasi dalam kejadian itu.

“Sebaiknya proporsional saja, jangan dibesarkan sehingga ada pihak yang terpojok dengan isyu ini, apalagi dikaitkan dengan intoleransi,” ungkapnya.

Menurut Huda, hal tersebut mirip dengan saat guru menyarankan siswa dan siswi muslim sholat jamaah, puasa ramadhan, tidak mengkonsumsi narkoba kepada siswa. Tak hanya itu, guru juga bisa sarankan siswa beragama lain untuk taat melaksanakan ibadah.

“Jadi bukan ranah intoleransi, tapi proses pendidikan,” katanya.

Pihaknya meminta masyarakat menghormati guru dan institusi pendidikan. Apabila ada aturan yang dilanggar, DPRD DIY minta dinas terkait untuk mengambil tindakan dan melakukan klarifikasi.

“Agar jangan berkembang isyu yang merugikan atau  berkonotasi DIY itu intoleran dan sebagainya,” katanya.

“Kenyataannya DIY itu wilayah yang sangat toleran dan menjadi miniatur Indonesia dalam hal toleransi,” pungkas Huda.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA