Iklan
Iklan

Effendi Simbolon Bantah Dukung Prabowo Subianto

- Advertisement -
Politisi senior PDIP Effendi Simbolon membantah telah mendukung calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto. Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto.

Bantahan itu dilakukan setelah PDIP memanggil Effendi Simbolon untuk mengklarifikasi pernyataannya terkait dukungan ke Prabowo tersebut.

Hasto mengatakan, sebagai sosok kader yang taat terhadap keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Effendi Simbolon, kata dia, juga berkomitmen akan berjuang memenangkan calon presiden dari partai mereka, Ganjar Pranowo.

“Sangat clear bahwa Pak Effendi sebagai kader partai taat sepenuhnya untuk mendukung keputusan dari Ketum PDIP dan akan berjuang dalam memenangkan Pak Ganjar,” ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin, 10 Juli 2023.

Sebelumnya Effendi menyatakan bahwa Prabowo sebagai sosok yang pantas memimpin bangsa menggantikan Jokowi.

Pernyataan ini diungkapkan dalam forum rapat kerja nasional perkumpulan orang-orang Batak bermarga Simbolon (PSBI) pada Jumat, 7 Juli 2023 lalu, yang turut menghadirkan Prabowo sebagai pembicara.

Menurut Hasto, Prabowo Subianto diundang dalam kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan untuk memberikan materi ihwal bela negara.

Sementara, Effendi Simbolon yang lama berkecimpung di Komisi Pertahanan DPR disebut Hasto memahami kebijakan pertahanan dan pengadaan alutsista yang tepat.

Ia menyebut pertemuan Effendi dengan Prabowo turut jadi momen memberikan masukan soal pertahanan maupun pengadaan alutsista tersebut.

Adapun dalam proses klarifikasi, Hasto mengatakan sejumlah dokumen turut ditampilkan. Konsekuensi alias tindak lanjut dari pernyataan Effendi ini disebut Hasto akan diputuskan dalam forum rapat DPP PDIP.

“Ya itu sudah dilakukan suatu klarifikasi. Kami akan melaporkan di dalam rapat DPP partai,” kata dia.

Sebelumnya, Effendi Simbolon menilai Prabowo adalah sosok yang pantas memimpin bangsa menggantikan Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Secara personal, Effendi berharap Indonesia dipimpin oleh nahkoda yang handal, sehingga kondisi porak-poranda bisa dihindari.

“Tadi saya kira kita bisa membacalah, secara jujur, objektif, saya melihat itu ada di Pak Prabowo,” ujar Effendi.

Namun, Effendi Simbolon menegaskan bahwa dirinya adalah kader PDIP. Sehingga, sudah menjadi tanggung jawab politiknya untuk menjagokan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres.

“Ya saya kader partai, tetapi sekaligus saya punya tanggung jawab moral, punya tanggung jawab politik,” ujarnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA