Beranda Uncategorized Empat Tahun Telah Berlalu Sejak Penandatanganan “New Century Agreement”

Empat Tahun Telah Berlalu Sejak Penandatanganan “New Century Agreement”

Penandatanganan
Hari ini menandai empat tahun penandatanganan Perjanjian Contract of the Century tentang pengembangan bersama ladang Azeri, Chirag dan Gunashli (ACG) di sektor  Laut Kaspia Azerbaijan dan distribusi produksi minyak.

Pemimpin nasional Heydar Aliyev menandatangani dekrit tentang penandatanganan “Contract of the Century” pada 14 September 1994, dan tepat 23 tahun kemudian, pada hari yang sama, di bawah kepemimpinan Presiden Ilham Aliyev, kontrak diperpanjang untuk 32 tahun kedepan.

Penandatanganan Perjanjian baru Contract of the Century itu sangat penting dan bahkan lebih menguntungkan Azerbaijan.

Penandatanganan
Foto Istimewa

Totalnya, ada lebih dari 3,9 miliar barel minyak telah diekstraksi dari blok ACG dalam 27 tahun sejak perjanjian penandatanganan Contract of the Century bagi hasil pertama ditandatangani. Sejauh ini, Dana Minyak telah memperoleh sekitar $ 153 miliar dari proyek Azeri-Chirag-Guneshli.

“Contract of the Century” – Mahakarya Strategi Perminyakan Azerbaijan

Pada tahun 1994, sebuah perjanjian ditandatangani antara Perusahaan Minyak Negara Azerbaijan (SOCAR) dan perusahaan minyak terkenal di dunia tentang pengembangan bersama blok Azeri-Chirag-Guneshli dan bagian dalam ladang Gunashli di sektor Azerbaijan di Laut Kaspia. Perjanjian itu, yang panjangnya sekitar 400 halaman dan ditulis dalam empat bahasa, disebut “Contract of the Century” karena signifikansi historis, politik, dan internasionalnya. Perjanjian tersebut mencakup 13 perusahaan minyak paling populer dari 8 negara (Azerbaijan, AS, Inggris, Rusia, Turki, Norwegia, Jepang, dan Arab Saudi) (Amoco, BP, McDermott, Unocal, SOCAR, LUKoil, Statoil ”,“ Exxon ”,“ Minyak Turki “,” Pennzoil “,” Itochu “,” Remco “,” Delta “). Dengan demikian, fondasi strategi minyak dan doktrin negara merdeka kita telah diletakkan.

“Contract of the Century” yang disiapkan di bawah kepemimpinan pemimpin nasional Haidar Aliyev ditulis dalam sejarah republik kita sebagai halaman mulia dari strategi minyak baru. Perjanjian tersebut merupakan salah satu yang terbesar di dunia dalam hal cadangan hidrokarbon dan investasi.

Penandatanganan
Foto : Istimewa

Minyak pertama diekstraksi dari ladang Chirag pada 7 November 1997. “Contract of the Century” telah menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam produksi minyak di negara itu. Produksi minyak, yang merupakan tingkat terendah dalam sejarah Azerbaijan pada saat penandatanganan “Kontrak Abad Ini” pada tahun 1994 – 9,5 juta ton, meningkat lebih dari 5 kali pada tahun 2010 dan mencapai 51 juta ton. Selama 27 tahun terakhir, produksi minyak Azerbaijan meningkat lebih dari empat kali lipat.

BACA JUGA  Kapal KM Karya Indah Membawa 181 Penumpang dan 14 ABK Terbakar di Maluku Utara

Dengan penerapan strategi minyak baru, sejumlah besar investasi asing telah tertarik untuk mengeksplorasi cadangan minyak negara. Sejak itu, sekitar $ 35 miliar telah diinvestasikan dalam pengembangan bidang ACG. Setelah “Kontrak Abad Ini”, 34 perjanjian lagi ditandatangani dengan perusahaan asing. Cukuplah dikatakan bahwa Perusahaan Minyak Negara berhasil mewakili negara Azerbaijan dalam perjanjian bagi hasil yang ditandatangani dengan 25 perusahaan dari 15 negara. Di bawah perjanjian ini, lebih dari $ 51,6 miliar diinvestasikan di sektor minyak dan gas Azerbaijan antara 1995 dan 2013. Saat ini, SOCAR adalah perusahaan modern yang memenuhi standar dunia, memiliki kemampuan ekonomi dan teknis yang diperlukan, dan mengimplementasikan proyek-proyek besar di luar Azerbaijan. Saat ini, minyak dan produk minyak dari Azerbaijan diekspor ke 30 negara, dan gas ke Georgia,

“Contract of the New Century” Sepenuhnya Memenuhi Kepentingan Azerbaijan

Pada 14 September 2017, dengan partisipasi Presiden Ilham Aliyev dan Ibu Negara Mehriban Aliyeva, sebuah amandemen dibuat di Baku tentang pengembangan bersama dan distribusi produksi minyak di ladang Azeri, Chirag dan Gunashli di sektor Azerbaijan di Laut Kaspia. Upacara penandatanganan Perjanjian yang direvisi diadakan. Perjanjian tersebut ditandatangani oleh pejabat Pemerintah Azerbaijan, SOCAR, BP, Chevron, Inpex, Statoil, ExxonMobil, TP, Itochu dan ONGC Videsh. Berdasarkan perjanjian tersebut, BP tetap menjadi operator proyek tersebut. Kesepakatan itu diratifikasi oleh Milli Majlis pada 31 Oktober.

Penandatanganan
Foto : Istimewa

14 September adalah hari yang sangat penting dan bersejarah dalam kehidupan negara kita, dan era baru dimulai dalam pengembangan ladang minyak raksasa “Azeri-Chirag-Guneshli”. Perjanjian baru ini sangat penting bagi negara kita. Karena pengembangan ladang minyak Azeri-Chirag-Guneshli telah diperpanjang hingga tahun 2050. Perjanjian ini lebih menguntungkan Azerbaijan, meskipun perjanjian yang ditandatangani pada tahun 1994 sepenuhnya memenuhi kepentingan negara kita. Kali ini perjanjian ditandatangani dengan persyaratan yang lebih baik. Bukan kebetulan bahwa perjanjian ini disebut “Treaty of the New Century.” Kontrak ini sangat penting bagi perkembangan Azerbaijan di masa depan dan pengembangan peluang keuangan negara.

BACA JUGA  Kylie Jenner Tinggalkan Tahun 2020 dengan Sedikit Imajinasi

Sebagai bagian dari perjanjian, kepemilikan SOCAR di ACG telah meningkat dari 11,65% menjadi 25%, dan mitra internasional akan membayar bonus $ 3,6 miliar kepada Dana Minyak Negara. Tingkat keuntungan minyak untuk mencapai Azerbaijan akan menjadi 75 persen. Dengan demikian, laba kotor negara akan menjadi 89,1 persen, yang akan membuka jalan bagi proyek-proyek strategis baru di masa depan. ACG memiliki potensi untuk berinvestasi lebih dari $ 40 miliar di tahun-tahun mendatang.

Setelah perjanjian ini, SOCAR dan mitranya setuju untuk melakukan pekerjaan rekayasa dan desain untuk mengevaluasi platform produksi tambahan untuk area kontrak ACG. Saat ini, pangsa mitra di ACG adalah sebagai berikut: BP – 30,37 persen, AzACG (SOCAR) – 25 persen, MOL – 9,57 persen, Inpex – 9,31 persen, Equinor – 7, 27 persen, ExxonMobil – 6,79 persen, TP – 5,73 persen, Itochu – 3,65 persen dan ONGC Videsh Limited (OVL) – 2,31 persen.

Sejauh ini, Lebih Dari 3,9 Miliar Barel Minyak Telah Diekstraksi Dari Blok Tersebut

Selama 27 tahun terakhir, kesepakatan tersebut telah berhasil dilaksanakan. ACG memiliki cadangan yang sangat besar dan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Hingga saat ini, lebih dari 3,9 miliar barel minyak ACG telah diangkut ke pasar dunia melalui Baku-Tbilisi-Ceyhan (BTC) dan Western Export Pipeline. Ketika kontrak ditandatangani pada 1994, perkiraan cadangan minyak ditetapkan sebesar 511 juta ton. Saat ini, Azeri-Chirag-Guneshli memiliki sekitar 500 juta ton cadangan minyak yang belum dimanfaatkan. Namun, ini bukan angka terakhir. Cadangan lapangan kemungkinan akan meningkat, dan angka ini akan meningkat selama implementasi perjanjian baru.

Penandatanganan
Foto : Istimewa

Pada paruh pertama tahun ini, ACG menghabiskan sekitar $ 266 juta untuk operasi dan $ 846 juta untuk belanja modal. Produksi stabil dari ACG berlanjut dengan aman dan andal selama setengah tahun. Total produksi dari ACG selama setengah tahun – “Chirag” (30 ribu), “Central Azeri” (111 ribu), “West Azeri” (118 ribu), East Azeri (78.000), Deepwater Gunashli (88.000) dan West Chirag ( 43.000) anjungan menghasilkan rata-rata 468.000 barel per hari.

BACA JUGA  Video Penjarahan Bantuan Korban Gempa Majene dan Mamuju Viral di Media Sosial

Pada akhir kuartal kedua, total 131 sumur produksi minyak, 44 sumur air dan 8 sumur injektor gas beroperasi di ACG. Pada Januari-Juni, 6 sumur produksi minyak dan 3 sumur injeksi air dibor di blok tersebut.

Pada paruh pertama tahun 2021, ACG memasok rata-rata 9,1 juta meter kubik gas ikutan per hari ke SOCAR melalui terminal Sangachal, serta fasilitas di Neft Dashlari, dengan total 1,6 miliar meter kubik. Sisa gas terkait disuntikkan kembali ke kolektor untuk mempertahankan tekanan.

Azerbaijan Telah Memperoleh Sekitar $150 Miliar Dari Proyek Azeri-Chirag-Guneshli

Dana Minyak Negara Republik Azerbaijan (SOFAZ) memperoleh $ 3,4888 miliar pada Januari-Agustus sebagai bagian dari proyek pengembangan blok minyak dan gas Azeri-Chirag-Guneshli (ACG) di sektor Azerbaijan di Laut Kaspia.

Perlu dicatat bahwa pendapatan Dana Minyak dari proyek ACG sejauh ini (sejak 2001) telah mencapai $ 152 miliar 893 juta.

Dua pembayaran bonus sebesar $900 juta dilakukan ke Dana Minyak sesuai dengan perjanjian baru yang ditandatangani antara SOCAR dan perusahaan ekstraktif asing tentang pengembangan bersama dan pembagian produksi ladang Azeri, Chirag dan Gunashli di sektor Azerbaijan di Laut Kaspia diadakan.

Semua pencapaian ini menunjukkan bahwa strategi minyak pemimpin besar Heydar Aliyev telah berhasil diterapkan dan diperkaya sejak penandatanganan “Contract of the Century”.

Investasi baru yang signifikan sedang ditarik dan langkah-langkah sedang diambil. Hari ini, “Contract of the Century” memiliki peran khusus dalam swasembada Azerbaijan, ketersediaan cadangan devisa yang besar dan perkembangan ekonomi yang dinamis.

Azerbaijan telah mengambil langkah-langkah yang sangat penting untuk mendiversifikasi ekonominya dan mengurangi ketergantungannya pada minyak dan gas, dan tidak ada hambatan atau masalah politik, ekonomi atau lainnya untuk perkembangan masa depan negara kita. Azerbaijan hanya akan berkembang dengan sukses mulai sekarang, karena negara kita memiliki potensi besar. Rupanya, potensi yang kaya ini, yang bersumber dari “Contract of the Century”, kini telah menjadikan Azerbaijan sebagai pemimpin di kawasan itu. (SPR).

 

Facebook Comments

Artikel sebelumya5 Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Tidur
Artikel berikutnyaFahri Hamzah Ajak Masyarakat Percayai KPK