Beranda TEKNOLOGI Facebook Dilaporkan Akan Ganti Nama

Facebook Dilaporkan Akan Ganti Nama

facebook
Facebook akan mengubah namanya akhir bulan ini untuk mencerminkan niatnya untuk membangun metaverse.

Rebranding perusahaan itu, menurut laporan dari The Verge, akan menempatkan aplikasi Facebook di bawah payung yang sama dengan WhatsApp dan Instagram, serta Oculus dan layanan lain yang dimiliki Facebook.

Langkah yang diklaim bertepatan dengan pengawasan yang meningkat oleh pemerintah AS atas praktik bisnis yang didorong oleh politik yang dilaporkan dan kritik atas kegagalan untuk mengatasi ujaran kebencian dan informasi yang salah di platform.

Whistleblower Frances Haugen baru-baru ini mengajukan tuduhan bahwa perusahaan itu menempatkan keuntungannya sendiri di atas kepentingan publik. Haugen membocorkan ratusan dokumen perusahaan ke The Wall Street Journal dan bersaksi di depan Kongres.

Pelapor lainnya, Sophie Zhang, mengatakan bahwa dia menemukan “upaya terang-terangan oleh pemerintah nasional asing untuk menyalahgunakan platform kami dalam skala besar untuk menyesatkan warga negara mereka sendiri”.

facebook

Menurut laporan itu, nama baru perusahaan Facebook adalah rahasia yang dipegang erat di dalam perusahaan. Bahkan para pemimpin senior tidak mengetahui informasi tersebut, tetapi ada kemungkinan bahwa nama tersebut dapat mencerminkan produk Horizon yang baru-baru ini diumumkan – produk virtual reality yang masih dalam pengembangan yang memungkinkan orang untuk mengadakan rapat menggunakan Oculus Quest menggunakan avatar kartun.

Mereka baru-baru ini juga mengumumkan beberapa kacamata pintar bekerja sama dengan Ray-Ban pada bulan September yang memungkinkan orang mengambil foto dan video dari apa yang mereka lihat dan mengunggahnya ke rangkaian aplikasi Facebook; Khususnya, produk ini tidak menampilkan nama Facebook di mana pun di kacamatanya.

Facebook juga sedang mengerjakan ‘Project Aria’, proyek kacamata pintar yang lebih mumpuni yang akan menggunakan augmented reality untuk tugas-tugas seperti navigasi peta atau menemukan barang yang hilang.

BACA JUGA  Awas! Aplikasi Ini Ternyata Juga Bisa Mencuri Data Anda di Smartphone

facebook

“Bayangkan menelepon seorang teman dan mengobrol dengan avatar manusia hidup mereka di seberang meja. Bayangkan seorang asisten digital cukup pintar untuk mendeteksi bahaya di jalan, menawarkan statistik selama pertemuan bisnis, atau bahkan membantu Anda mendengar lebih baik di lingkungan yang bising”, kata Facebook. “Ini adalah dunia di mana perangkat itu sendiri menghilang sepenuhnya ke dalam pasang surut kehidupan sehari-hari.”

CEO Facebook Mark Zuckerberg diperkirakan akan membahas rencana untuk mengubah nama pada konferensi tahunan perusahaan pada 28 Oktober, tetapi pengumuman itu dapat dilakukan lebih cepat.

Menanggapi klaim tersebut, Facebook mengatakan tidak mengomentari “rumor atau spekulasi.”

Gagasan tentang metaverse adalah salah satu yang telah didorong oleh Facebook selama beberapa waktu, berhipotesis tentang ruang online yang gigih, sinkron, mencakup dunia digital dan fisik, menawarkan “interoperabilitas yang belum pernah terjadi sebelumnya” dan berisi ekonomi yang berfungsi penuh.

facebook

Pada bulan Juli tahun ini, CEO Mark Zuckerberg mengatakan bahwa Facebook akan “bertransisi secara efektif dari perusahaan media sosial menjadi perusahaan metaverse”.

Asal usul metaverse adalah buku Neal Stephenson tahun 1992, Snow Crash, yang melukiskannya sebagai “negara miskin dan putus asa yang secara harfiah diatur oleh waralaba perusahaan”, tulis Wakil Brian Merchant.

“Di dunia Snow Crash, metaverse tidak dipandang terlalu keren—itu perlu, karena dunia nyata menjadi sangat tak tertahankan.”

Bukan hal yang aneh di antara perusahaan di Silicon Valley untuk mengubah citra diri mereka sendiri untuk memperluas layanan mereka. Google mereorganisasi dirinya di bawah Alphabet Inc pada tahun 2015 untuk menampilkan dirinya sebagai konglomerat global dengan usaha seperti mobil self-driving dan teknologi perawatan kesehatan di bawah payungnya.

Facebook Comments

Artikel sebelumya“Merakit” Ciptaan Yura Yunita Jadi Official Soundtrack Film Nussa
Artikel berikutnyaAnya Geraldine Unggah Video Mandi Lama, Bikin Heboh Netizen