Beranda ENTERTAINMENT Festival Musik Rumah 2022 Usung Tema “Sederhana”, Ada 30 Lebih Penampil

Festival Musik Rumah 2022 Usung Tema “Sederhana”, Ada 30 Lebih Penampil

Festival Musik Rumah 2022
Foto : GQ
Festival Musik Rumah 2022 (FMR 2022) merupakan festival musik yang digelar di rumah dan PMR sudah memasuki tahun ke lima pergelarannya sebagai sebuah festival musik dengan format yang beda.

Berbeda dengan Festival musik lainnya yang mencari penonton sebanyak- banyaknya dan keuntungan besar, Festival musik rumah 2022 sangat jauh dari kata banyak penonton dan keuntungan besar.

Petrus Briyanto Adi yang akrab dipanggil Adoy, selaku penggagas dan pengarah Festival Musik Rumah 2022 (FMR), mengungkapkan konser yang digelar memiliki format yang berbeda dibandingkan dengan festival musik lainnya

Festival Musik Rumah
Petrus Briyanto Adi (Adoy) – Penggagas FMR/ Foto : GQ

“Konser rumah menyajikan pengalaman yang khas dibanding bentuk live music lainnya. Di sana ada kehangatan, kekeluargaan, intim sekaligus apresiatif dan responsif seperti layaknya kita beta di suatu rumah. Pastinya banyak faktor yang menimbulkan fitur-fitur tersebut.”ujar Adoy saat konferensi pers Festival Musik Rumah 2022 di Deteksi Production Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (8/8/2).

“Hanya di Festival Musik Rumah 2022 inilah kita belajar dan bergotong royong untuk merayakannya. Festival musik rumah sudah berlangsung sejak tahun 2018, setahun sekali.Ini merupakan kegiatan bersama yang sifatnya partisipatoris, lewat musik merayakan kebersamaan. Formatnya adalah dalam satu waktu di bulan Agustus itu di beberapa rumah terjadi konser-konser. Kita disatukan semangat yang sama. Ternyata yang ingin berpartisipasi banyak. Kita sering terbatas oleh ruang untuk bisa bersama. Di Festival Musik Rumah kita tidak terbatas oleh ruang,”tambah Adoy.

Bagi musisi atau penampil di Festival Musik Rumah 2022, dilakukan kurasi oleh tim dengan beberapa syarat.

Festival Musik Rumah
Konferensi Pers PMR 2022 / Foto : QG

“Untuk penampil harus punya karya sendiri jadi tidak membawakan lagu orang, kecuali lagu Nasional dan lagu daerah. Menariknya, di setiap Festival Musik Rumah, ada lagu wajib yang dibawakan sama setiap penampil. Tahun ini lagu wajibnya membawakan lagu apa saja dari Nusantara.”kata Nia Samantha dari tim kurasi Festival Musik Rumah 2022.

BACA JUGA  D’Andra Simmons Dirawat di Rumah Sakit Karena COVID-19

“Kami Senang Banget bisa terlibat dan ini pertama kalinya kami iku, sebagai musisi tidak ada masalah dengan lagu – lagu daerah, setiap kali manggung kami juga suka bawain lagu – lagu Nusantara seperti dari Maluku, Betawi dan lain – lain,”ujar Zula (Vokalis) dan Ongko (Gitaris) Perwakilan dari Halus Lembut Band yang akan tampil di konser musik ini di tanggal 19 Agustus 2022 mendatang.

Festival Musik Rumah
Halus Lembut Band / Foto : GQ

“Dari sisi konser, saya setuju semua berangkat dari rumah kembali ke rumah. Karena karya yang hebat tidak hanya lahir dari konser, tidak hanya lahir dari panggung, tidak hanya alam yang indah bahkan tidak lahir dari pesawat udara, tapi juga kemungkinan besar lahir dari rumah. Acara seperti ini justru akan melahirkan karya yang hebat, semua sederhana, tidak dibayar dan dibayar karena ada salam kebahagiaan. Saya melihat hal seperti ini sangat positif, semoga ini menjadi besar, karena saya tidak percaya musik Indonesia butuh infrastruktur yang sangat banyak. Mudah-mudahan acara seperti ini semakin banyak diminati.”kata Harry ‘Koko’ Santoso pemerhati musik.

Menurut Adoy, pembukaan pendaftaran masih akan dilakukan hingga Jumat, 12 Agustus 2022. Namun hingga kini, Festival Musik Rumah dipastikan bakal diramaikan kehadiran 30 penampil.

“Jumlah ini akan terus bertambah, ya. Nanti terakhir penutupan pendaftaran pada Jumat ini (12 Agustus 2022),” kata Adoy

Festival Musik Rumah
Harry Koko Santoso – Pemerhati Musik / Foto : GQ

Festival Musik Rumah yang dihelat demi merayakan kebhinekaan dan merawat kebersamaan memasuki pelaksanaannya yang kelima pada tahun 2022 ini.

Dihelat selama tiga hari, kegiatan bermusik secara partisipatoris ini akan diramaikan konser-konser di banyak rumah lintas daerah, zona waktu, bahkan negara.

“Kami ingin FMR menjadi sarana belajar hidup bersama. Apa yang kami percaya penting untuk kita latih dan samakan semangatnya kita diskusikan tema di setiap FMR. Tahun ini temanya adalah ‘sederhana’”, jelas Adoy tentang tema FMR2022.

BACA JUGA  Reza Artamevia Bakal Segera Bebas
Festival Musik Rumah
Nia Samantha – Tim Kurasi FMR./ Foto : GQ

Selain menjadi semangat bersama “sederhana” juga menjadi semacam panduan dalam berpartisipasi di FMR2022. Bagaimana publik dapat turut menikmati FMR? Cara utama adalah dengan datang bertamu ke rumah-rumah konser di FMR2022 pada jadwal yang diumumkan. Namun jika tidak memungkinkan, konser-konser rumah ini dapat menyaksikan liputannya / siaran langsungnya / dokumentasinya di kanal resmi FMR.(EH).

Facebook Comments

Artikulli paraprakEgy Maulana Vikri Segera Bergabung dengan Klub Slovakia
Artikulli tjetërWitan Sulaeman Resmi Berkostum AS Trencin Klub Kasta Teratas Liga Slovakia