Iklan
Iklan

Film Onde Mande Dapat Dukungan Menparekraf Sandiaga Uno

- Advertisement -
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendukung film Onde Mande! yang akan tayang di layar lebar mulai 22 Juni 2023.

“Menarik ini, karena ada Danau Maninjau. Ada Desa Sigiran dengan Kelok 44 dan Danau Maninjau. Saya ucapkan terima kasih karena ini mengangkat pariwisata juga nih dan budaya kita, gotong royong,” kata Sandiaga dalam Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (5/6/23).

Dalam kesempatan itu, video trailer film Onde Mande juga ditayangkan secara khusus kepada jajaran Kemenparekraf dan media yang hadir.

Weekly Brief Sandiaga Uno diramaikan oleh para filmmakers dan pemeran Onde Mande yaitu Paul Fauzan Agusta selaku sutradara, Suryo Wiyogo selaku produser, Jajang C Noer yang berperan sebagai Ni Ta dan Shenina Cinnamon yang memerankan karakter Si Mar.

Sandiaga sangat mengapresiasi kehadiran film Onde Mande! karya sineas berdarah Minang, Paul Fauzan Agusta. Sandiaga pun memastikan kementeriannya mendukung penuh film Onde Mande! dan menyebut film ini bagus untuk ditonton oleh masyarakat karena menggerakkan ekonomi kreatif serta sektor pariwisata.

“Keren banget, nih, dapet subsektor filmnya dari ekonomi kreatif, dapet promosi destinasi wisatanya juga,” tambah Sandi.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini menyebut pihaknya bakal mengembangkan potensi Danau Maninjau sebagai lokasi pariwisata. Ia pun menilai film “Onde Mande!” mengusung tema dan genre yang segar di industri perfilman Indonesia.

“Dari kami Kemenparekraf, terutama dari Pemasaran, senang banget. Ini akhirnya ada genre baru di film Indonesia yang tidak melulu itu-itu saja. Dan ini kan ada cerita, ada makanannya, ada lagunya, ada destinasinya, semua jadi satu. Jadi kami ingin sekali ketika film ini meledak, nanti akan banyak sekali orang yang ingin mengunjungi Danau Maninjau,” kata Made.

“Kami akan undang travel agent, online maupun konvensional untuk jualan paket berkunjung ke Danau Maninjau. Paket Onde Mande!, jadi makanannya, destinasinya, danaunya, lagu, semua. Kita akan amplifikasi di seluruh jaringan kita. Saya rasa ini prospeknya sangat bagus,” tambahnya.

Film Onde Mande! merupakan film persembahan Visinema yang bekerjasama dengan Gandrvng Films dan Visionari Capital. Film “Onde Mande!” dibintangi oleh sederet aktor dan aktris lintas generasi yang memiliki garis keturunan Minang, yakni Shenina Cinnamon, Emir Mahira, Jajang C Noer, Jose Rizal Manua, Shahabi Sakri, Ajil Ditto dan Musra Dahrizal.

Hadir sebagai film bergenre drama keluarga dan komedi, Onde Mande! fokus mengangkat budaya masyarakat Minangkabau. Panorama alam serta potensi destinasi wisata Sumatera Barat yang ada di film ini pun akan memanjakan mata penonton. Beberapa lokasi wisata yang dihadirkan dalam film Onde Mande! di antaranya Danau Maninjau, Kelok 44 dan Desa Sungai Batang.

“Nilai-nilai yang kami angkat adalah kekeluargaan, dan kecintaan terhadap tanah kelahiran, dan nilai Minangkabau lainnya. Tapi dengan packaging komedi keluarga yang mudah-mudahan menghibur,” kata Paul.

Tak hanya bercerita latar belakang budaya Minang, film ini bakal memikat penonton dengan jalur cerita yang unik dan kocak. Onde Mande! dipastikan seru dan bisa ditonton oleh semua seluruh kalangan masyarakat dan berbagai usia. Selain mengangkat budaya Minang, “Onde Mande!” juga memuat nilai sosial yakni gotong royong di masyarakat serta nilai kekeluargaan yang menyentuh.

“Justru untuk yang bukan orang Minang harus nonton. Supaya tahu Minang. Di film ini tergambarkan sifat orang Minang dalam menyiasati sesuatu. Tapi tetap punya hati nurani. Boleh belajar dari situ,” ungkap Jajang C Noer.

Film Onde Mande! dijadwalkan tayang serentak di seluruh bioskop pada 22 Juni 2023.

FILM ONDE MANDE!

SEGERA TAYANG DI BIOSKOP 22 JUNI 2023

SINOPSIS FILM ONDE MANDE!

Demi mendapatkan hadiah sayembara senilai 2 Miliar dari perusahaan sabun, warga desa yang tinggal di tepi Danau Maninjau, Sumatera Barat menyusun rencana besar. Sebab, sang pemenang sayembara, Angku Wan (Musra Dahrizal) yang merupakan sosok tetua di desa tersebut meninggal sebelum mengklaim hadiahnya.

Lewat berbagai cara, warga desa: Ni Ta (Jajang C Noer), Da Am (Jose Rizal Manua), Si Mar (Shenina Cinnamon) dan lainnya berusaha meyakinkan perusahaan sabun bahwa Angku Wan masih hidup. Bukan karena keserakahan, hadiah akan digunakan untuk tujuan yang mulia, yaitu membangun desa demi kesejahteraan bersama seperti pesan terakhir Angku Wan.

Namun, rencana-rencana yang disusun warga desa mengundang pro dan kontra. Keadaan pun semakin runyam tatkala Anwar (Emir Mahira) selaku perwakilan perusahaan sabun datang ke desa secara tiba-tiba untuk memvalidasi pemenang. Apa rencana yang akhirnya mereka pilih? Dan akankah rencana mereka berhasil?

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA