Beranda INFO SEHAT Ginseng Korea Bahan Pangan Bermanfaat untuk Kesehatan Hati

Ginseng Korea Bahan Pangan Bermanfaat untuk Kesehatan Hati

Bahan Pangan
photo provided : The Korea Ginseng Association (PRNewsfoto/The Korea Ginseng Association)
Korea Ginseng Association mengumumkan, ginseng Korea terdaftar sebagai “bahan pangan yang bermanfaat meningkatkan kesehatan hati” oleh Kementerian Keamanan Makanan dan Obat-Obatan Korea.

Istilah “bahan pangan bermanfaat” merujuk pada kandungan atau unsur pangan yang telah diakui Kementerian Keamanan Makanan dan Obat-Obatan Korea. Kementerian ini mengawasi keamanan makanan dan bahan pangan yang bermanfaat bagi kesehatan di Korea.

Kementerian Keamanan Makanan dan Obat-Obatan Korea mengakui ginseng Korea sebagai “bahan pangan yang bermanfaat meningkatkan kesehatan hati” berdasarkan uji klinik selama lima tahun. Uji klinik ini dilakukan tim riset Geumsan Ginseng Herb Industry Promotion Institute.

Bahan Pangan

Tim riset ini memberikan ekstrak ginseng sebanyak 2,4 gram per hari selama 12 minggu kepada 60 pria dan wanita yang berusia 19 hingga 70 tahun. Peserta riset ini memiliki kondisi kesehatan hati yang sedikit lebih baik dari biasanya. Setelah 12 minggu, ALT, kadarnya meningkat pada sel-sel hati yang telah rusak, berkurang sebesar 15,67%.

Di sisi lain, dalam kasus penyakit hati akibat konsumsi minuman beralkohol atau penyakit saluran empedu (biliary tract), angka gamma GT juga berkurang 5,93%, menunjukkan kondisi yang lebih baik. Berkat hasil riset ini, khasiat kesehatan ginseng Korea yang telah secara resmi diakui telah bertambah menjadi empat: meningkatkan kesehatan tulang, sistem imun, pemulihan dari kelelahan, dan, kini kesehatan hati.

Bahan Pangan

Para peneliti juga menemukan, saponin ginseng yang telah dipanaskan selama beberapa waktu menghasilkan senyawa saponin dan gula amino seperti ginsenosides Rg3, Rg5, dan Rk1. Senyawa-senyawa ini memiliki khasiat yang baik untuk aktivitas antioksidasi, antikanker, kelancaran peredaran darah, dan peningkatan daya ingat. Secara khusus, kandungan polysaccharide dalam ginseng bermanfaat meningkatkan sistem imun.

BACA JUGA  Puasa di Bulan Ramadhan Tidak Akan Turunnya Performa Logika dan Stamina Anda

Ban Sang-bae, President, Korea Ginseng Association, berkata, “Setelah ginseng Korea resmi terdaftar sebagai bahan pangan bermanfaat oleh Kementerian Keamanan Makanan dan Obat-Obatan Korea, peluang pengembangan beragam makanan kesehatan yang memakai bahan ginseng dan cara meningkatkan konsumsi ginseng telah terbuka luas. Saya berharap, banyak orang memanfaatkan khasiat ginseng untuk menjaga kesehatan hati.”

Korea Ginseng Association adalah sebuah perusahaan yang berada dalam naungan Kementerian Pertanian, Makanan, dan Pedesaan Republik Korea. Perusahaan ini bertugas mempromosikan perkembangan industri ginseng secara kondusif dan menduniakan ginseng Korea. Informasi lebih lanjut tentang ginseng Korea tersedia di situs (http://korean-ginseng.org/en2/).

Facebook Comments

-
Artikel sebelumyaKasus Polisi Gadungan di Pesisir Selatan Dilimpahkan ke Polda Sumbar
Artikel berikutnyaMarriott International Perkenalkan Website Terbaru Dengan Bahasa Indonesia