Beranda Indeks Top Gus Miftah: Kenapa Dukun Disebut Paranormal? Karena yang Datang Abnormal

Gus Miftah: Kenapa Dukun Disebut Paranormal? Karena yang Datang Abnormal

Ustad kondang Gus Miftah ikut merespons terkait dunia perdukunan yang kini sedang heboh, paska Marcel Radhival atau Pesulap Merah membongkar praktik perdukunan yang penuh tipu-tipu, bahkan mirisnya mereka membuka praktik perdukunan berkedok agama.

Sebelumnya, tak hanya Gus Miftah yang tersulut untuk merespons terkait perdukunan ini. Ustad Derry Sulaiman bahkan memberi peringatan keras terhadap Gus Samsudin yang dinilai telah melakukan penistaan terhadap agama Islam, terkait pernyataannya dibeberapa acara Podcast.

Sementara, pernyataan Pesulap Merah yang menyatakan semua dukun itu palsu dan cabul telah menyulut kemarahan persatuan dukun Indonesia hingga melaporkannya ke pihak berwajib atas kasus penghinaan.

Kini, Gus Miftah pun turun tangan memberikan pendapat mengenai pemberitaan yang tengah heboh di media sosial tersebut.

Pada penggalan video yang dibagikan akun Instagram dengan nama pengguna @lagi.viral, Gus Miftah bicara soal masyarakat yang pergi ke dukun adalah orang yang punya perilaku abnormal.

“Kenapa dukun dinamai paranormal? karena yang datang abnormal,” kata Gus Miftah pada rekaman video yang dikutip pada Selasa, 16/8/2022).

Pengobatan alternatif dengan cara pergi ke dukun masih banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya masyarakat meyakini bahwa dukun bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Kemampuan para dukun pun beragam ketika mengobati pasiennya, mulai dengan menggunakan tumbuhan sampai benda-benda pusaka seperti keris. Senjata ini juga diyakini mempunyai kekuatan spiritual.

Gus Miftah

Gus Miftah meminta orang-orang bisa membuka mata jika yang dilakukan para dukun itu hanya trik. “Ada orang stroke, kakinya disetrum sama keris tret (getar). Itu kerisnya beli di Shopee, COD lagi,” ungkap pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman, Yogyakarta.

Pria dengan nama asli Miftah Maulana Habiburrahman juga mempertanyakan soal kesaktian dukun yang diklaim punya ilmu penglaris.

BACA JUGA  Ganjarist Ternyata Relawan Tak Diakui Ganjar Pranowo

“Selama ini jualan penglaris, masa enggak bisa bikin laris sendiri,” cuitnya.

Potongan video yang diunggah akun Instagram dengan nama pengguna @lagi.viral mendapat beragam komentar dari warganet

“Dengerin nih kyai lagi kasih nasehat, pindah ke Mars saja din, di sana banyak alien terkena santet wkwk,” ujar warganet.

“Dukun sedang mempermalukan diri nya sendiri. Penglaris kok gak bisa buat diri sendiri malah lapor polisi,” kata neter lain.

Facebook Comments

Artikulli paraprakInilah Bahaya Kafein Bagi Penderita Diabetes
Artikulli tjetërHilangkan Bau Ketiak dengan 5 Cara Ini