Beranda EKONOMI Harga Jengkol Bikin Dongkol, Rp 80.000/Kg, Harga Cabai Semakin Pedas

Harga Jengkol Bikin Dongkol, Rp 80.000/Kg, Harga Cabai Semakin Pedas

Harga Jengkol
Harga Jengkol kini bikin dongkol para penggemarnya, pada bulan puasa ini hanya ada dua pilihan. Para penggemar Jengkol terpaksa mengurangi komoditas yang beraroma khas ini, meski selalu mengundang selera.

Bebarapa hari sebelum masuk Ramadhan, harga jengkol di Pasar Manis Ciamis naik membubung dari kisaran Rp 45.000-Rp 50.000/kg jadi Rp 80.000/kg.

“Sejak munggahan sampai hari ini harga jengkol bertahan di angka Rp 80.000/kg,” ujar Henhen, pedagang sayur mayur di Blok A Pasar Manis Ciamis dikutip dari Tribun Selasa (5/4/2022).

Membubungnya harga jengkol tersebut menurut Henhen karena pasokannya semakin langka, di tingkat petani jengkol lagi tidak musim.

‘Di lembur sekarang sudah lama tidak musim jengkol dan buah-buahan mungkin karena musim cuaca ekstrem,” ujarnya.

Sehingga pasokan jengkol untuk Pasar Ciamis katanya terpaksa didatangkan dari Sumatera, terutama dari Lampung.

“Pasokan jengkol lokal sekarang langka. Stok yang dijual di pasar sekarang itu jengkol Sumatera, dari Lampung,” kata Henhen.

Akibat terbatasnya pasokan tersebut harga jengkol di Pasar Ciamis naik tajam. Memasuki hari ketiga Ramadan, harga jengkol sudah menembus Rp 80.000/kg. Setara dengan harga 2 kg daging ayam.

“Jengkol luar biasa mahal, tadi beli 1 ons harganya sudah Rp 10.000/ons. Sakilo berarti sudah Rp 100.000. Sudah mahal daripada daging ayam,” kata Yanti, warga Kertasari Ciamis.

Selain jengkol, harga kebutuhan dapur yang naik tajam waktu munggahan lalu menurut Henhen adalah harga cabai merah keriting dan harga cabai rawit domba.

Menurut pedagang sayur mayur di Blok A Pasar Manis Ciamis tersebut waktu munggahan lalu, harga cabai merah keriting naik dari Rp 50.000/kg jadi Rp 90.000/kg. Sedangkan harga cabai rawit domba naik dari Rp 60.000/kg jadi Rp 90.000/kg.

BACA JUGA  Bisnis Hotel dan Restoran Kian Terpuruk, Bendera Putih Siap Mereka Kibarkan

Memasuki hari ketiga bulan Ramadan, Selasa (5/4) harga cabai rawit domba dan harga cabai merah keriting bertahan masing-masing di angka Rp 90.000/kg. Jauh lebih mahal dari harga daging ayam potong.

“Sejak munggahan  sampai hari ini harga cabai merah keriting masih bertahan di angka Rp 90.000/kg. Demikian juga harga cabai rawit domba, juga masih Rp 90.000/kg,”  ungkap Henhen.

Memasuki bulan puasa ini harga cabai merah keriting dan cabai rawit domba di tingkat eceran di Pasar Manis Ciamis semakin pedas di kisaran Rp 90.000/kg.

Bagi penggemar jengkol balado, tentu akan menghadapi kenaikan harga yang berlipat. Harga jengkol yang membubung dan harga cabai merah keriting yang semakin pedas

Facebook Comments

Iklan
Artikulli paraprakCara Memutihkan Wajah dengan Daun Sirih
Artikulli tjetërResmikan MS Glow Store Ibunda Fuji, Shandy Purnamasari : Mama Meneruskan Perjuangan Alm Vanessa Angel