Iklan
Iklan

Heboh! Soal Berisi Gambar Bumi Datar Muncul di Ujian Kelas 6 SD

- Advertisement -
Media sosial dihebohkan dengan munculnya soal berisi gambar bumi datar untuk ujian kelas 6 Sekolah Dasar (SD) di sekolah swasta Cimahi.

Gambar bumi datar ini ditemukan oleh anak dari seorang pria bernama Desmanjon Purba. Sang anak tersebut merupakan murid SD swasta yang berlokasi di Cimahi.

Ketika anaknya mengikuti ujian secara daring dari rumah, Desmanjon pun melihat soal ujian tersebut. Dalam soal IPA untuk US 2021 Nomor 30, digambarkan seluruh planet yang mengelilingi matahari berbentuk bulat. Namun yang muncul adalah gambar bumi datar.

Penemuan soal ujian ini kemudian dibagikan oleh pemilik akun Facebook Muhanto Hatta dan diteruskan oleh ratusan pengikutnya. Unggahan itu disukai 1,4 ribu lebih dan telah dibagikan ke lebih seribu akun.

Seperti diketahui, sejumlah penganut teori bumi datar yakin benar, planet manusia tidak berbentuk bulat, melainkan rata mirip piring. Alasannya, saat berjalan di atasnya, permukaan planet ini tampak dan terasa datar.

Oleh sebab itu, mereka menepis semua bukti yang menunjukkan bumi itu bulat, seperti halnya foto-foto bumi dari angkasa luar.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Cimahi Harjono, mengonfirmasi adanya temuan soal ujian tersebut. Berdasarkan hasil pengecekan terhadap kepala sekolah dan guru yang membuat soal itu diketahui sang guru mengambil ilustrasi bumi dari mesin pencarian Google.

Alasan guru tersebut karena dinilai paling layak dan dapat menarik perhatian murid. Bukan bermaksud mengajak siswa memahami bumi datar seperti yang ditudingkan.

“Guru tersebut sudah mengakui kesalahan. Tidak ada maksud dari yang bersangkutan mengatakan bumi datar karena pelajaran yang diberikan pun selalu bumi bulat. Dari soal itu juga tidak ada statemen bumi datar,” ujar Harjono, Jumat (7/5)

Harjono berujar, guru tersebut murni atas ketidaktahuannya soal tersebut, bukan pribadi yang menganut paham bahwa bumi berbentuk datar.

“Itu murni ketidaktahuan guru dan tidak ada maksud mengatakan bumi datar. Beliau adalah guru yang mengajarkan selama ini bahwa bumi itu bulat,” tegas Harjono.

Atas temuan itu, pihak kepala sekolah membuat surat pernyataan secara resmi. “Ilustrasi itu hanya diambil yang paling bagus dan itu bagus ada warna-warni. Hanya itu saja, tanpa maksud untuk mengatakan bahwa bumi datar,” ujar Harjono.

Sedangkan selama ini penyusunan soal ujian diserahkan ke sekolah masing-masing sebagaimana diatur Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi. Sehingga tidak menyalahi aturan.

“Baik teknis pelaksanaannya apakah menggunakan metode daring ataukah luring termasuk penyusunan soal pun itu disusun oleh sekolah,” pungkasnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA