Iklan
Iklan

Himpunan Humas Hotel (H3) Selenggarakan Seminar & Musyawarah Nasional “H3 Summit 2023”

- Advertisement -

Himpunan Humas Hotel (H3) sebagai organisasi profesi humas dan komunikasi di sektor pariwisata Indonesia menyelenggarakan H3 Summit 2023 – Seminar dan Musyawarah Nasional dengan tema “Peranan Humas Hotel Dalam Menghadapi Prospek Pariwisata Indonesia di tahun 2024” pada Senin, 25 September 2023 bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Seiring menggeliatnya pariwisata Indonesia pasca pandemi Covid-19 dan mengutip pernyataan Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Republik Indonesia bahwasanya Pariwisata Indonesia telah dikukuhkan sebagai destinasi pariwisata terbaik di dunia, membuat

Himpunan Humas Hotel (H3) ingin mengetahui lebih mendalam bagaimana peran humas hotel dalam menghadapi prospek pariwisata Indonesia di tahun 2024, serta memahami peranan Humas Hotel dari sudut pandang para pelaku industri perhotelan, media, dan content creator, dengan menyelenggarakan Seminar dan Musyawarah Nasional, H3 Summit 2023.

H3 Summit 2023 – Seminar dan Musyawarah Nasional menghadirkan narasumber terkemuka dibidang pariwisata, yaitu Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia), Syaifullah, S.E., M.EC., Ph.D (Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf Republik Indonesia), Dr. I Gusti Ayu Dewi Hendriyani, A.Par., M.Par., CHE (Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf Republik Indonesia), Maya Watono (Direktur Pemasaran InJourney Group), Dr. Ir. Hariyadi BS Sukamdani, M.M. (Ketua Umum Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia/PHRI), Dr. (H.C.) Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR, FIPR (President ASEAN PR Network), Carlos Monterde (Ketua Jakarta Hotel Association), Cita Hepiningtias, M.M.Par. (Ketua Humas Indonesian Hotel General Manager Association/IHGMA), Ni Luh Made Pertiwi (Assistant Managing Director Kompas.com), Ria Lirungan (Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia) dan Conten Creator di Indonesia – Christina TanOlivia Tan dan Robiat Fahlevi.

H3 Summit 2023 juga dihadiri oleh para tamu yang terdiri dari anggota H3, para pucuk pimpinan pelaku industri perhotelan, organisasi humas serumpun, dan para media.

Kegiatan Seminar terbagi menjadi empat sesi dengan garis besar tema “Peranan Humas Hotel dari sudut pandang tiga sudut pandang, yaitu pelaku industri perhotelan, media, dan content creator“.

Pada sesi pertama, pembicara yang terdiri dari para pejabat Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, pejabat BUMN di industri Pariwisata, dan Organisasi terbesar di industri perhotelan – PHRI, menyampaikan perkembangan program pariwisata yang akan dicanangkan pada tahun 2024 mendatang untuk mendukung industri perhotelan dan pariwisata Indonesia, serta menyampaikan sudut pandang mereka terhadap peran dan kiprah Humas serta Marcomm pada industri ini.

Selanjutnya pada sesi kedua, pembicara mewakili asosiasi yang terdiri dari Jakarta Hotel Association (JHA) & Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) yang akan menjabarkan perkembangan asosiasinya dan menyampaikan sudut pandang mereka mengenai peran dan kiprah humas untuk kebutuhan asosiasinya.

Pada sesi ketiga, diskusi panel dengan insan media yang terdiri dari para pemimpin media, akan membagikan pengalamannya mengenai hubungan kerja sama dengan praktisi Humas dan Marcomm di industri perhotelan. Serta, pembicara juga menyampaikan aspirasinya dalam rangka meningkatkan kualitas Humas dan Marcomm perhotelan Indonesia.

Seiring dengan perkembangan teknologi dimana digital channel dan social media menjadi media baru untuk para humas hotel dalam mengkomunikasikan program pariwisata Indonesia, Humas Hotel harus dapat menjalin kerjasama yang baik dengan para digital creator untuk mengkomunikasikan program yang dicanangkan hotel dan menciptakan pengalaman menginap dan wisata yang berkesan serta menarik.

Oleh karena itu, pada sesi keempat / terakhir, para pembicara yang diundang, adalah para content creator yang akan membagikan pengalamannya dalam bekerjasama dengan Humas Hotel untuk membuat konten yang baik dan membantu mempromosikan hotel serta destinasinya.

Mereka juga diminta aspirasinya untuk meningkatkan kualitas Humas dan Marcom perhotelan Indonesia. Melalui pemaparan materi yang telah disampaikan oleh narasumber dari masing-masing industri, dapat disimpulkan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk menciptakan barometer peranan Humas Hotel dalam mendukung program pariwisata Indonesia yang diperkirakan bangkit di tahun 2024.

Rangkaian H3 Summit kemudian diakhiri dengan kegiatan Musyawarah Nasional yang dihadiri oleh para pendiri, pembina, pengurus dan anggota H3 untuk menegaskan bahwa Himpunan Humas Hotel Indonesia adalah organisasi profesi kehumasan di industri perhotelan yang memiliki Badan Hukum, serta sekaligus menjadi momentum pelantikan Badan Pengurus Cabang H3 Yogyakarta dan Surabaya. Kegiatan yang diselenggarakan ini juga dalam rangka World Tourism Day, yang diperingati setiap tanggal 27 September.

“H3 Summit adalah momentum penting dalam agenda tahunan Himpunan Humas Hotel. Kami telah bekerja keras dalam menyusun program yang bermanfaat, informatif, dan inspiratif guna membagikan wawasan terkini, praktik terbaik, dan peluang yang tengah berkembang dalam industri perhotelan dan pariwisata. Dalam kegiatan seminar ini, kita akan mendalami berbagai aspek komunikasi publik dan manajemen humas dalam konteks hotel dan pariwisata. H3 Summit 2023 diharapkan semakin  menggugah kesadaran semua pihak, tidak hanya para pimpinan hotel tetapi juga individu PR/humas itu sendiri. Kedepannya, paradigma profesi PR/Humas Hotel akan berubah semakin berkualitas dan menjadi ujung tombak dunia perhotelan serta pariwisata Indonesia“, ujar Yulia Maria selaku Ketua H3 periode 2022-2024.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA