Iklan
Iklan

Horor Banjir Libya Timur ‘Gurun Berubah Menjadi Laut’

- Advertisement -
Horor banjir Libya Timur hingga kini meninggalkan duka yang terdalam bagi warga yang ditinggal saudara terseret air bah, atau tenggelam di antara reruntuhan bangunan yang diterjang derasnya arus air akibat jebolnya bendungan terbesar di wilayah tersebut.

Gurun berubah menjadi laut akibat horor banjir Libya Timur dan badai menghantam sebuah desadi dekat kota pesisir Libya, Derna.

Banjir dahsyat yang melanda bagian timur Libya pekan lalu itu telah menewaskan lebih dari 11.000 orang. Setelah badai kuat yang disertai angin kencang melewati daerah itu.

Setelah tenang sejenak dari kuatnya badai yang menerjang tiba-tiba warga terusik dari tidurnya. Sekitar pukul 12.30 pagi, tanpa diduga, air mulai mengalir ke rumah warga.

Menyadari skala dan intensitas banjir mulai membahayakan, sebagian warga berjalan ke atap. Warga yang selamat sampai ke atap tercengang dengan kengerian yang mereka lihat. Banjir besar telah menelan seluruh wilayah dan datang dari dua arah yang berbeda – dari utara dan barat.

Banyak warga yang terjebak di rumah mereka dan tidak bisa sampai ke atap. Selama berhari-hari, warga desa tersebut tinggal di atap rumah mereka dan di atas perabotan mereka karena ketinggian air. Tidak ada yang tahu apa yang terjadi di “dunia luar” setelah kabel listrik terputus.

Nasib warga mirip dengan ribuan lainnya di wilayah pesisir.

Derna sejauh ini merupakan kota yang paling parah terkena dampak setelah bendungan membanjiri kota, melepaskan semburan air di atasnya. Tetapi badai itu juga menewaskan orang-orang di kota-kota Bayda, Susa, Um Razaz dan Marj, menurut Menteri Kesehatan Othman Abduljalil.

Setidaknya 10.000 orang hilang di tengah upaya pencarian dan penyelamatan. Bantuan juga mulai mengalir dari pemerintah yang diakui secara internasional di Tripoli dan dari donor internasional.

Walikota Abdel-Moneim al-Ghaithi telah memperingatkan bahwa jumlah korban tewas di Derna saja bisa naik menjadi 20.000 mengingat jumlah lingkungan yang hanyut.

Sementara sebagian besar upaya pencarian dan penyelamatan terkonsentrasi di Derna, yang lain di daerah terdekat mengatakan mereka belum menerima bantuan.

Badai itu telah mengungkap kerentanan di negara kaya minyak yang telah terperosok dalam konflik sejak pemberontakan 2011 yang menggulingkan diktator lama Muammar Gaddafi.

Para ahli mengatakan korupsi, pemeliharaan infrastruktur publik yang buruk, dan pertikaian politik selama bertahun-tahun – dengan Libya terbagi antara dua pemerintahan yang bersaing – telah membuat negara itu sangat rentan dan tidak siap untuk mengatasi Badai Daniel.

Warga di masing-masing daerah yang terkena dampak juga berjuang untuk menemukan orang yang dicintai karena seluruh keluarga masih hilang.

Sementara itu, di Susa, sekitar 50 km (31 mil) jauhnya dari Derna, Tahani al-Zani, seorang ahli bedah yang mengepalai departemen darurat menggambarkan suasana saat itu.

“Saya menerima mayat teman-teman terbaik saya dan secara pribadi membawa mereka ke kamar mayat,” kata al-Zani dikutip dari Al Jazeera.

“Saya tidak punya waktu untuk menangis atau menjadi lemah, jadi saya bahkan tidak bisa meratapi mereka.”

Al-Zani mengatakan dia tahu badai sedang menuju ke arah mereka beberapa hari yang lalu, tetapi dia tidak pernah membayangkan itu akan sebesar ini.

Dia mengatakan dia sedang bekerja pada saat itu dan “tiba-tiba, semua komunikasi dan listrik terputus”.

“Saya tidak tahu apa-apa tentang keluarga saya, dan mereka tidak tahu apa-apa tentang saya,” kenangnya.

Mayat-mayat “memuncak di depan kami” di rumah sakit, katanya.

Sementara al-Zani tidak dapat memberikan jumlah keseluruhan, dia mengatakan dia “secara pribadi” memasukkan lebih dari delapan mayat ke kamar mayat, dan di antara mereka adalah anak-anak.

“Ini adalah korban untuk satu hari saja,” katanya.

“Masih sangat sibuk sampai sekarang.”

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA