Iklan
Iklan

ICW: Harusnya Megawati Desak KPK Segera Tangkap Harun Masiku, Bukan Membubarkan

- Advertisement -
Indonesia Corruption Watch (ICW) mengatakan harusnya Megawati desak KPK untuk segera menangkap Harun Masiku, bukan malahan membubarkan.

Hal ini diungkapkan Peneliti ICW Kurnia Ramadhana saat mengkritisi usulan pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang digaungkan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana menyindir Megawati soal usulan pembubaran KPK itu.

Menurut Kurnia, daripada mengusulkan KPK dibubarkan, lebih baik Megawati mendesak KPK agar lebih cepat menangkap eks caleg PDIP Harun Masiku. Sebab, sudah 3,5 tahun Harun Masiku tak berhasil ditangkap.

“Ketimbang berbicara mengenai pembubaran KPK, sebaiknya Bu Mega ikut mendesak KPK agar menuntaskan tunggakan perkara, misalnya, menangkap Harun Masiku,” ujar Kurnia, Selasa (22/8).

Penilaian Megawati terkait kinerja KPK tak efektif, seharusnya Megawati paham akar permasalahan yang menjadikan KPK lemah.

“Mestinya Bu Mega memahami bahwa biang kerok yang menyebabkan kinerja KPK tak efektif ya karena ulah partai politik sendiri. Sebab, produk hukum seperti UU KPK baru lalu terpilihnya pimpinan KPK penuh kontroversi disepakati oleh sebagian besar partai di DPR,” tegas Kurnia.

Oleh karena itu, Kurnia mengatakan tak seharusnya KPK dibubarkan, melainkan direvolusi total. Hal ini penting, dengan mengembalikan Undang-Undang KPK seperti dulu serta merombak susunan pimpinan KPK.

“Penting Bu Mega ketahui, saat ini yang penting dilakukan kepada KPK bukan dibubarkan, melainkan revolusi total. Adapun revolusi yang dimaksud dengan cara mengembalikan UU KPK seperti sedia kala dan merombak total struktur pimpinan KPK,” cetus Kurnia.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri mengaku meminta Presiden Jokowi untuk membubarkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ketua Umum PDI Perjuangan itu menilai, kinerja lembaga antirasuah kini tak lagi efektif.

“Saya sampai kadang-kadang bilang sama Pak Jokowi, sudah deh, bubarin aja KPK itu Pak, jadi menurut saya nggak efektif. Ibu nih kalau ngomong ces pleng,” ungkap Megawati dalam acara BPIP di The Tribrata, Jakarta Selatan, Senin (21/8).

Menurut Megawati, seharusnya KPK melihat ke bawah atau turun langsung ke rakyat dalam menegakkan hukum di Indonesia. Salah satunya, memberantas pelaku korupsi sampai ke akarnya.

“Hayo kalian pergi lah ke bawah, lihat noh rakyat yang masih miskin, ngapain kamu korupsi akhirnya masuk penjara juga, bohong kalau nggak kelihatan, persoalannya penegak hukumnya mau tidak menjalankan hukum di Indonesia ini yang sudah kita buat, itu persoalannya,” pungkas Megawati.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA