Iklan
Iklan

Inilah 12 Pemain Naturalisasi yang Bakal Dongkrak Prestasi Timnas Indonesia

- Advertisement -

Sekitar 12 pemain naturalisasi bakal memperkuat Timnas Indonesia pada masa kepelatihan Shin Tae-yong. Naturalisasi menjadi salah satu jurus jitu untuk meningkatkan prestasi Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong sejak awal sudah membidik para pemain naturalisasi yang sudah moncer di benua Eropa dan memiliki darah Indonesia.

Namun, Elkan Baggott tidak masuk dalam daftar ini karena tidak menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) melalui jalur naturalisasi. Ia adalah pemain keturunan Indonesia-Inggris, memilih sendiri menjadi WNI saat usianya 19 tahun.

Sedangkan Marc Klok masuk dalam catatan di daftar naturalisasi ini. Pemain tengah Persib Bandung itu sudah masuk daftar naturalisasi sejak 2020 setelah tiga musim main di Indonesia.

Namun, dirinya harus terganjal langkahnya membela Skuad Garuda karena batas waktu lima tahun berturut-turut tinggal di Indonesia belum bisa dipenuhi oleh Marc Klok.

Marc Klok baru masuk saat Shin Tae-yong menjadi pelatih kepala, tepatnya pada SEA Games 2021 di Vietnam.

Tiga nama pertama yang menjadi perhatian pertama di Timnas senior tentu adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama.

Jordi Amat dan Sandy Walsh sebenarnya sudah bisa main di Piala AFF 2022 bersama Timnas. Namun, Sandy Walsh harus kembali ke klubnya dan baru bermain pada September 2023.

Sedangkan Shayne Pattynama baru debut pada Juni 2023 lawan Argentina usai proses peralihan federasinya sudah tuntas.

Setelah dua nama tersebut, ada nama Ivar Jenner dan Rafael Struick. Kedua nama tersebut menjadi prioritas utama PSSI, karena awalnya dibutuhkan untuk berpartisipasi di Piala Dunia U-20 2023.

Meski akhirnya batal, kedua pemain tetap lanjut naturalisasi dan akhirnya bisa tampil untuk Timnas Indonesia pada Juni 2023.

Nama terkini yang ikut meramaikan gerbong naturalisasi era Shin Tae-yong adalah Justin Hubner.

Pemain Wolverhampton Wanderers tersebut baru bisa memperkuat Timnas pada ajang Piala Asia 2023 di Qatar.

Jay Idzes jadi nama terbaru yang sudah sumpah menjadi WNI, tetapi belum bisa dipastikan kapan akan membela Timnas Indonesia.

Sementara empat nama lain yang kini bakal menjalani proses naturalisasi adalah Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, Maarten Paes, dan Ragnar Oratmangoen.

Nama pertama sendiri tinggal menjalani sumpah sebagai WNI dan peralihan federasi. Sementara tiga nama lainnya baru saja menjalani proses naturalisasi.

Nama Maarten Paes menjadi pemain terkini yang bersedia membela Timnas Indonesia.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pada Senin (8/1/2024).

Daftar Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia di Era Shin Tae-yong:

  1. Marc Klok
  2. Jordi Amat
  3. Sandy Walsh
  4. Shayne Pattynama
  5. Ivar Jenner
  6. Rafael Struick
  7. Justin Hubner
  8. Jay Idzes
  9. Nathan Tjoe-A-On
  10. Thom Haye
  11. Maarten Paes
  12. Ragnar Oratmangoen

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA