Beranda GAYA HIDUP Inilah 6 Cara Menghilangkan Jerawat Hanya dalam 1 Hari

Inilah 6 Cara Menghilangkan Jerawat Hanya dalam 1 Hari

Menghilangkan

Siapa yang tidak ingin mengetahui cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari? Meskipun terkesan remeh, cara ini penting diketahui sebab jerawat di wajah yang muncul secara tak terduga saat akan menghadiri acara penting bisa sangat menjengkelkan dan mengganggu rasa percaya diri.

Jerawat dapat muncul di bagian tubuh mana saja. Namun, gangguan pada kulit ini lebih sering terjadi di wajah. Hal ini karena kulit wajah memiliki lebih banyak kelenjar minyak dibandingkan bagian tubuh lainnya, sehingga ketika produksi sebum meningkat, pori-pori menjadi lebih rentan tersumbat dan memicu timbulnya jerawat.

Sel kulit mati dan bakteri yang menumpuk juga dapat menyumbat pori-pori wajah. Selain itu, jerawat juga bisa dipicu oleh perubahan hormon, konsumsi makanan dan obat-obatan tertentu, pemakaian produk make up yang tidak tepat, hingga stres berlebihan.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dalam 1 Hari

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari, di antaranya:

1. Menggunakan obat jerawat oles

Ada sejumlah produk obat jerawat oles yang bisa dibeli tanpa resep dokter dan dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat dalam 1 hari. Beberapa obat jerawat oles tersebut umumnya mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat.

Benzoil peroksida diketahui dapat mengurangi jerawat yang meradang dan melawan bakteri penyebab munculnya jerawat, sedangkan asam salisilat dapat menghilangkan jerawat dengan cara menghilangkan kelebihan minyak di pori-pori.

Oleh sebab itu, benzoil peroksida umumnya lebih cocok digunakan untuk mengatasi jerawat kemerahan yang meradang, sementara asam salisilat untuk mengeringkan pustula atau jerawat dengan white heads dan black heads.

Penggunaan obat jerawat oles cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskannya secara langsung ke jerawat setelah wajah selesai dibersihkan.

BACA JUGA  Ekle’s Pico Laser Nano Glow : Hasil Instant, Generasi Terbaru, dan Terlengkap

2. Menggunakan tea tree oil

Bila tidak ingin menggunakan obat jerawat oles, Anda bisa mencoba bahan alami yang cukup terkenal ampuh untuk menghilangkan jerawat dengan cepat, yaitu tea tree oil.

Namun, bila salah cara menggunaknnya, tea tree oil bisa menimbulkan efek samping, seperti kulit kering, iritasi, dan rasa terbakar. Oleh karena itu, Anda perlu mencampurkan tea tree oil dengan minyak alami lain (carrier oil), seperti minyak kelapa dan minyak zaitun, sebelum digunakan.

Setelah tercampur rata, Anda dapat mencelupkan kapas ke dalam campuran minyak tersebut. Kemudian, oleskan kapas langsung ke area jerawat yang meradang.

3. Mengoleskan gel lidah buaya

Gel lidah buaya seringkali dijadikan bahan utama dalam berbagai jenis produk perawatan kulit. Hal ini karena lidah buaya memiliki banyak manfaat, mulai dari melawan bakteri penyebab jerawat, mengurangi peradangan, hingga berbagai masalah kulit lain, misalnya psoriasis.

Berkat ragam manfaat yang ditawarkannya, lidah buaya dapat menjadi salah satu pilihan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya sebanyak 1–2 kali sehari langsung ke area kulit yang berjerawat atau ke seluruh wajah.

4. Mengompres dengan teh hijau

Tak hanya bermanfaat saat diminum langsung, teh hijau juga dipercaya dapat membantu menghilangkan jerawat dengan cepat dalam waktu 1 hari.

Hal ini karena teh hijau kaya akan antioksidan yang diketahui mampu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah, meredakan peradangan, serta melawan bakteri penyebab jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat the hijau tersebut, Anda hanya perlu menyeduh teh hijau dengan ½ gelas air mendidih selama 3–4 menit, dan diamkan hingga dingin. Lalu, celupkan kapas ke dalam teh hijau dan tempelkan pada area kulit yang berjerawat selama 10 menit, atau diamkan semalaman. Ulangi sebanyak 1–2 kali sehari.

BACA JUGA  Ingat! 3 Tren Fashion Ini Ternyata Dapat Membahayakan Kesehatanmu

5. Memakai masker belerang

Meskipun berbau cukup menyengat, masker belerang (sulfur) telah lama dikenal sebagai salah satu metode membersihkan pori-pori dari sumbatan minyak dan kotoran berlebih, serta meredakan peradangan pada jerawat.

Oleh sebab itu, masker belerang dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengoleskan masker belerang pada area kulit yang berjerawat atau seluruh wajah.

Namun, agar tetap aman, Anda tetap harus membaca petunjuk penggunaan yang terdapat pada produk masker belerang sebelum menggunakannya.

6. Mengompres dengan es batu

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat secara cepat dalam 1 hari adalah mengompres jerawat dengan es batu.

Trik ini telah lama digunakan untuk mengurangi kemerahan, pembengkakan, serta rasa nyeri yang ditimbulkan oleh jerawat.

Anda cukup membungkus es batu dengan kain kemudian menempelkannya ke area kulit yang berjerawat selama 20–30 detik. Beri jeda waktu 1 menit sebelum kembali menempelkan es batu. Ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari hingga bengkak pada jerawat mereda.

Berbagai cara di atas memang dapat membantu Anda menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari. Meski demikian, agar masalah jerawat lebih cepat teratasi dan tak sering muncul kembali, Anda juga perlu menjaga kebersihan kulit wajah dengan baik, yaitu:

  • Mencuci wajah setidaknya 2 kali sehari
  • Menghindari penggunaan produk pembersih wajah yang dapat mengiritasi kulit (seperti alkohol)
  • Menghindari kebiasaan menggosok kulit wajah dengan keras
  • Membilas wajah dengan air hangat setelah dibersihkan

Selain itu, hindari juga kebiasaan memencet jerawat. Alih-alih membuat jerawat cepat menghilang, kebiasaan satu ini justru dapat meningkatkan risiko infeksi dan munculnya bekas jerawat yang mengganggu.

BACA JUGA  Inilah Skincare untuk Kulit Sensitif

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari. Namun, jika berbagai cara tidak memberikan hasil optimal atau justru jerawat memburuk, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Facebook Comments

Iklan
Artikulli paraprakPersaingan Bisnis, Warga Klaten Tega Bacok Tetangga
Artikulli tjetërFarrel Hilal, 2022 Remake Lagu Barry Likumahuwa ‘Cinta Abadi’