Iklan
Iklan

Iran Dakwa 10 Pejabat Atas Kecelakaan Pesawat Ukraina

- Advertisement -
Seorang jaksa militer Iran mengatakan dakwaan telah diajukan terhadap 10 pejabat yang memiliki peran dalam jatuhnya penerbangan Ukraine International Airlines di atas Teheran tahun lalu.

Dalam sebuah upacara pada hari Selasa untuk memperkenalkan penggantinya, Gholam Abbas Torki mengatakan orang-orang – yang tidak dia sebutkan atau identifikasi – akan segera dibawa ke pengadilan, meskipun dia juga tidak memberikan kerangka waktu.

Torki mengatakan pada Januari 2020, tak lama setelah Penerbangan PS752 dijatuhkan oleh dua rudal yang ditembakkan dari baterai udara Korps Pengawal Revolusi Islam (Islamic Revolutionary Guard Corps/IRGC), bahwa 10 orang telah dikenakan tindakan disipliner termasuk pemecatan atau penurunan pangkat, dan akan segera diadili.

iran ukraina pesawat

Pada hari Selasa, Shokrollah Bahrami, kepala organisasi peradilan angkatan bersenjata Iran, mengkonfirmasi bahwa pengadilan militer telah selesai dengan kasus tersebut dan surat dakwaan telah ditandatangani.

“Insya Allah kasus ini akan ditindaklanjuti di pengadilan pada tahun baru,” ujarnya, mengacu pada tahun baru Iran yang dimulai pada 21 Maret.

Penerbangan PS752 ditembak jatuh kira-kira enam menit setelah lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini Teheran, menewaskan semua 176 orang di dalamnya, yang menurut Iran adalah hasil dari “human error” yang tragis.

iran ukraina pesawat

Empat jam sebelumnya, IRGC menembakkan rudal ke dua pangkalan AS di negara tetangga Irak sebagai pembalasan atas pembunuhan jenderal utamanya Qassem Soleimani dalam serangan pesawat tak berawak yang diperintahkan oleh Presiden AS saat itu Donald Trump.

Laporan teknis terakhir Iran tentang jatuhnya pesawat, yang diterbitkan bulan lalu, mengatakan sistem pertahanan rudal surface-to-air TOR M-1 di dekat bandara belum dikalibrasi ulang setelah dipindahkan tak lama sebelum insiden itu, jadi rudal itu mengira pesawat itu sebagai sebuah “objek berbahaya”.

Laporan itu juga mengatakan semua penerbangan ke Irak dan semua penerbangan yang dijadwalkan untuk terbang di atas bagian barat negara itu telah dibatalkan, tetapi risiko salah identifikasi penerbangan komersial, dan penerbangan keluar dari bandara Imam Khomeini, dianggap rendah.

“Pada akhirnya, dapat disimpulkan bahwa risiko yang dievaluasi tidak sebanding dengan kenyataan yang ada dan kesalahan yang tidak dihitung dalam prediksi sebelumnya terjadi,” kata laporan Organisasi Penerbangan Sipil Iran.

Ukraina dan Kanada, yang banyak warganya di antara yang meninggal, dengan keras mengutuk laporan tersebut dengan yang pertama menyebutnya sebagai “upaya sinis untuk menyembunyikan alasan sebenarnya atas jatuhnya pesawat”.

Pemerintah Iran pada bulan Januari menetapkan kompensasi $150.000 untuk setiap keluarga dari 176 korban.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA