Iklan
Iklan

Istilah Open Mic Dimonopoli dan Dipaten di DJKI Sejak Tahun 2013, Banyak Komika Kena Somasi

- Advertisement -
Istilah Open Mic ternyata telah dimonopoli sejak tahun 2013 dan diklaim seseorang yang diduga Ramon Papana di DJKI (Direktorat Jenderal Kekayaan Intelelektual).

Komunitas Stand Up Comedy Indonesia kemudian menggugat dipatenkannya istilah Open Mic ini oleh seseorang yang mengakibatkan sejumlah komika kena somasi membayar saat menggunakan istilah Open Mic dalam pertunjukan stand up comedy.

“Pendaftaran ini jelas telah meresahkan dan mengganggu teman-teman-teman komika karena pihak yang mendaftarkan gugatan ini mengirimkan somasi kemana mana meminta bayaran untuk setiap acara yang bertajuk Open Mic,” ujar Panji Prasetyo kuasa hukum komunitas Stand Up Indo di PN Jakarta Pusat, Kamis (25/8/2022).

“Ada untuk beberapa cafe mereka minta sampai rp 250 juta,” imbuhnya.

Hal serupa turut dibicarakan oleh Adjis Doa Ibu yang merupakan ketua dari komunitas Stand Up Indonesia. Dia mengatakan bahwa pengukuhan tersebut telah terjadi sejak lama. Namun lama kelamaan banyak masalah yang ditimbulkan oleh beberapa komika diantaranya terkena somasi.

Sebab istilah Open Mic menurutnya memang sudah melekat di dunia stand up comedy secara umum. “Jadi ini udah lama banget sebenarnya kejadiannya cuma kita kayak biarin aja tapi kok ke sini-sini gemes gitu ya krena banyak temen yang dikirimin somasi dan lain-lain padahal ini istilah umum,” ungkap Adjis.

Selain itu beberapa acara seperti musik dan puisi yang biasanya dilakukan oleh para komika itu ikut terkena dampaknya.

“Di luar itu, open mic selain stand up ada baca puisi, jamming musik, atau sekadar pengin ngomong apa aja. Nah ada kawan kita yang kena imbasnya sampai ratusan juta rupiah ditutup. Padahal dia bukan stand up tapi jamming musik aja,” kata Adjis Doa Ibu.

Atas kejadian tersebut membuat para comica dari stand up comedy Indonesia melakukan aksi gugatan pembatalan merek Open Mic.

Upaya hukum pembatalan ini dilakukan untuk melawan pihak yang ingin memonopoli dan memiliki kegiatan Open Mic.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA