Iklan
Iklan

Jangan Sepelekan Sunscreen, 5 Alasan Kenapa Harus Pakai Setiap Hari

- Advertisement -
Sunscreen atau tabir surya diaplikasikan pada kulit, bahkan selain kulit wajah juga perlu dilindungi dengan krim pelindung ini. Tabir surya harus dipakai setiap hari, meski Anda beraktivitas di dalam ruangan. Selain itu, saat langit mendung atau berada di kawasan empat musim yang sedang musim dingin, juga harus memakai pelindung kulit ini.

Berdasarkan sejarahnya, sunscreen pertama kali dibuat pada era Mesir kuno, di mana diformulasikan dari ekstrak bekatul dan melati. Tujuannya masih sama dari era tersebut hingga saat ini, yaitu untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pada tahun 1936, ahli kimia menemukan sunscreen yang dijual dipasaran, dan formulanya berubah sejak itu. Produk tabir surya modern, bahkan mengklaim tahan air dan disertakan dalam produk kosmetik dan kecantikan seperti primer, alas bedak, serum, dan krim.

Saat musim dingin, salju dapat memantulkan sinar ultraviolet (UV) hingga 80 persen. Selain itu, tinggal di dataran tinggi juga penting memakai tabir surya setiap hari karena semakin besar paparan sinar UV. Secara lebih detail, berikut alasan kenapa harus pakai tabir surya setiap hari.

  1. Melindungi kulit dari sinar UV

Bahayanya sinar UV ketika menyentuh kulit, antara lain membuat kulit kusam, memicu penuaan dini, seperti keriput, muncul spot hitam, dan kulit tak lagi elastis. Untuk mencegah bahaya tersebut, Anda harus memakai sunscreen setiap hari.

Sunscreen atau tabir surya dapat menghalangi atau meminimalisir sinar UV masuk melewati skin barrier dan menimbulkan efek yang tak diinginkan. Paling penting diperhatikan, pilih tabir surya dengan SPF minimal 15 dan gunakan setiap hari. Pakai untuk cakupan seluruh tubuh ketika Anda berjemur.

  1. Menurunkan risiko kanker kulit

Di Amerika Serikat, dilansir EHE Health, Senin, 28 November, kanker kulit adalah bentuk kanker paling umum dialami. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), 71.943 orang didiagnosis dengan melanoma kulit pada 2013 dan 9.394 dari kasus ini berakibat fatal. Itu berarti, mengoleskan sunscreen setiap hari dapat mengurangi setengah risiko terkena kanker kulit.

  1. Mencegah penuaan dini pada kulit

Kerusakan kulit karena sinar UV, menyebabkan photoaging pada kulit. Gejalanya ditandai dengan tekstur kulit kasar, warna kulit berubah, kolagen rusak, dan berkontribusi pada kerutan pada kulit.

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berusia di bawah 55 tahun menggunakan sunscreen secara teratur memiliki peluang 24 persen lebih kecil mengembangkan tanda-tanda penuaan dibandingkan mereka yang tidak. Ini berarti, sunscreen memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari penuaan dini.

  1. Membantu menjaga warna kulit rata

Pernahkah Anda mengalami kulit belang pada punggung tangan yang tak tertutup jaket dan karena tidak mengaplikasikan sunscreen? Itulah kenapa Anda harus pakai sunscreen setiap hari. Di manapun tempatnya, baik pada wajah, punggung tangan, lengan, dan kaki, sunscreen bisa dipakaikan di tempat tersebut untuk membantu menjaga warna kulit rata meski terpapar matahari.

  1. Mengurangi risiko rambut memerah

Para ilmuwan menemukan adanya mutasi gen MC1R yang menciptakan rambut merah dan kulit putih. Perubahan warna rambut dan kulit ini, karena paparan sinar UV matahari. Mutasi tersebut juga menciptakan jalur penyebab kanker. Itu berarti, radiasi sinar UV dapat meningkatkan kecenderungan genetik terhadap kanker.

Melansir dari VOI, Itulah kelima alasan kenapa harus sunscreen setiap hari. Apakah harus dipakai meski malam hari? Pada prinsipnya, selama ada paparan cahaya yang membawa ultraviolet, Anda perlu melindungi kulit supaya tidak mengalami risiko buruk.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA